Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Error 0xc000000e dengan Mudah



Error 0xc000000e terjadi ketika mencoba boot up windows namun terjadi kesalahan pada Data Konfigurasi Boot. Biasanya muncul pesan error “The boot selection failed because a required device is inaccessible”. Masalah ini muncul karena terjadi dual-booting, sehingga membuat sistem bingung partisi mana yang harus digunakan.

Kalian akan mendapatkan kesalahan ini ketika mencoba mem-botting perangkat kalian, dan kalian akan mendapat berupa layar hitam yang memberi kalian petunjuk tentang cara memperbaiki masalah ini menggunakan disk instalasi atau driver pemulihan.

Selain dengan cara instalasi driver, kalian juga bisa mengatasi masalah ini dengan cara lain. Pada kesempatan kali ini Dansverine akan membahas Cara Mengatasi Error 0xc000000e dengan mudah. simak artikel berikut!

Penyebab Error 0xc000000e

Penyebab yang pasti untuk Error 0xc000000e cukup beragam, seperti file winload.exe yang tidak dapat diakses ataupun rusak, hingga lokasi booting untuk sistem operasi tidak dapat ditemukan.

Cara Mengatasi Error 0xc000000e

Berikut ini beberapa metode yang Dansverine bagikan untuk mengatasi Error 0xc000000e “The boot selection failed because a required device is inaccessible”.

Metode 1 : Periksa Koneksi Perangkat

Ini merupakan metode termudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi 0xc000000e, kalian bisa memeriksa terlebih dahulu apakah perangkat lain terhubung ke komputer.

Metode ini bertujuan untuk BIOS atau UEFI dapat dikonfigurasikan sedemikian rupa sehingga setiap perangkat eksternal yang terpasang memiliki prioritas boot yang lebih tinggi daripada hardisk.

Perangkat yang dapat menyebabkan error diantaranya USB eksternal, Pen Drive, CD, DVD, dll.

Metode 2 : Jalankan Windows Startup Repair

Windows Startup Repair mempu mendiagnosis serta memperbaiki masalah komputer, windows startup repair dapat secara otomatis memindai file sistem, pengaturan registry, pengaturan konfigurasi, dll

Jika kalian mempunyai Media Boot USB, atur komputer agar melakukan booting dari media tersebut dan buka Repair Your Computer.

Setelah itu, buka Troubleshoot > Advanced options > Startup Repair. Maka Windows akan mulai mendiagnosis dan memperbaiki jika ada masalah.

Metode 3 : Memeriksa Konfigurasi Boot

Boot Configuration Data atau BCD, merupakan perangkat yang berisi parameter konfigurasi boot tentang cara memulai OS Windows. Jika file konfigurasi rusak, Windows 10 akan gagal melakukan booting dan mengakibatkan Error 0xc000000e.

Untuk memperbaiki file konfigurasi yang rusak, kalian perlu membangun kembali BCD di Komputer.

Metode 4 : Reset Konfigurasi BIOS / UEFI

Beberapa pengguna mengatakan Error 0xc000000e bisa diperbaiki dengan mengatur ulang konfigurasi BIOS/UEFI.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan atur ulang konfigurasi BIOS:

  1. Nyalakan komputer.
  2. Lalu, setelah itu masuk ke pengaturan BIOS.
  3. Kemudian masuk ke menu pengaturan Revert to Default Settings. Namun ada beberapa istilah lagi di komputer lain yaitu Reset Settings.
  4. Selesai

Penutup

Demikian pembahasan singkat pada kesempatan kali ini tentang Cara Mengatasi Error 0xc000000e “The boot selection failed because a required device is inaccessible” dengan mudah.

Jangan lupa share ke teman teman kalian, Semoga informasi diatas bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Error 0xc000000e dengan Mudah"

Subscribe via Email