Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp yang Hilang


Whatsapp saat ini sudah menjadi aplikasi paling populer hampir semua pengguna smartphone menggunakan Whatsapp (WA). Dengan Whatsapp kita bisa lebih mudah untuk berkomunikasi dengan teman, kerabat kerja dan keluarga,. Pastinya kalian memiliki banyak nomor kontak di Whatsapp yang kalian miliki.

Tapi bagaimana jika semua kontak whatsapp kalian hilang? Pastinya kalian akan bingung dan harus menambahkan kontak whatsapp tadi satu per satu. Tenang saja, disini Dansverine akan  memberikan tutorial tentang Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang.

Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp yang Hilang  


Akhir-akhir ini Dansverine menemukan beberapa pengguna Whatsapp yang kehilangan kontak whatsappnya secara tiba-tiba. Kalian tak perlu panik karena masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Berikut ini metode yang bisa kalian coba untuk mengembalikan Kontak WA yang hilang tanpa aplikasi dan tanpa root.

1. Mengembalikan Kontak WhatsApp dengan Menghapus Cache


Cara pertama yang bisa kalian coba yaitu dengan menghapus cache. Cache adalah penyimpanan data sementara yang disimpan pada penyimpanan internal, cache berguna untuk mempercepat kinerja smartphone saat membuka sebuah aplikasi. Dengan menghapus cache whatsapp kalian akan kembali seperti semula, tapi tenang saja akun kalian akan tetap aman dan berkasnya masih tetap aman. Hanya pengaturannya saja yang berubah. Untuk mengahapus cache whatsapp, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Masuk ke Pengaturan yang ada di Android kalian. Kemudian pilih Pengaturan Aplikasi / Apps. Lalu pilih aplikasi WhatsApp.
  2. Pada App Info, pilih Storage dan pilih Clear Cache untuk mengahapus Cache aplikasi WA.

  3. Jika sudah selesai, silahkan restart android kalian dan silahkan cek kontak wa kalian, jika berhasil kontak wa kalian akan muncul kembali.


    2. Mengembalikan Kontak WA dengan Sikroniasi Google


    Jika masih belum berhasil dengan menghapus cache, kalian bisa coba metode kedua yaitu dengan menyikronisasikan akun gmail. Dengan melakukan sikronisasi gmail kalian bisa mengembalikan kontak whatsapp yang hilang.

    Namun jika kalian sebelumnya tidak pernah mensikroniasikan whatsapp ke dalam akun google maka tidak akan berhasil, karena kalian harus sudah menyimpan kontak ke dalam akun google kalian.

    Tetapi jika sudah pernah meng-impor kontak ke akun google, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut untuk mengembalikan kontak wa yang hilang.

    1. Buka Kontak di Android kalian, kemudian masuk ke pengaturan dengan menekan ikon titik tiga yang ada di pojok kanan.
    2. Lalu pilih Pengaturan Kontak, dilanjutkan dengan pilih Impor/Ekspor.


    3. Setelah itu, pilih Impor dari Penyimpanan. Kemudian pilih Akun Google yang sudah menyimpan berkas-berkas (file backup) dari Whatsapp kalian.
    4. Kemudian tunggu hingga proses ekspor selesai. Jika sudah selesai maka akan secara otomatis kontak wa kalian akan di impor ke kontak wa.

    5. Selesai, silahkan cek kontak whatsapp kalian pasti sudah muncul kembali.

    3. Mengembalikan Kontak WA dengan Membagikan Postingan Nomor WA


    Jika cara diatas masih belum dapat mengatasi masalah ini, jalan terakhir untuk mengembalikan kontak wa yang hilang adalah membuat postingan promosi nomor wa. Kalian bisa membuat postingan di Facebook, Instagram, Line dan Sosial Media yang lain.

    Kalian juga bisa meminta teman kalian untuk membantu menyembarkan nomor wa kalian sehingga teman-teman kalian tahu nomor whatsapp kalian yang baru dan kontak wa kalian akan kembali seperti semula.


    Kesimpulan


    Nah dari tiga metode yang sudah dansverine bagikan mana yang menurut kalian paling mudah? Metode pertama yaitu dengan menghapus cache dan besar kemungkinan akan berhasil dan metode kedua yaitu dengan mensikronisasi akun google untuk mengembalikan kontak wa, jika sebelumnya kontak wa kalian pernah di backup ke akun google maka kalian berhasil untuk mengembalikan kontak wa yang hilang. Metode terakhir yaitu dengan membuat postingan yang berisi nomor whatsapp kalian, sehingga teman-teman kalian tahu.

    Itulah beberapa cara untuk mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang. Sekarang kalian tak perlu panik lagi jika suatu saat kontak wa kalian hilang karena sekarang kalian sudah bisa mengembalikan kontak wa yang hilang.

    Jangan lupa share keteman-teman kalian jika merasa postingan ini bermanfaat dan semoga kalian terbantu dengan adanya postingan ini.

    Baca artikel menarik lainnya mengenai Whatsapp disini!


    Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp yang Hilang"