Cara Menjalankan Program Secara Otomatis Saat Windows Startup



Jika kalian mencari artikel untuk mengetahui bagaimana caranya menjalankan aplikasi/software secara otomatis ketika startup windows, maka kalian ada diblog yang tepat. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan program secara otomatis saat startup windows, tapi Dansverine hanya akan membagikan 2 cara saja. Yaitu dengan menyalin shortcut dan mengubah program startup melalui Task Scheduler.

Salah satu fitur yang disediakan oleh windows adalah dapat menjalankan program secara otomatis ketika startup windows, sehingga kita tidak perlu membuka program tersebut saat windows baru saja dinyalakan. Fitur ini sangat berguna bagi kalian yang ingin menjalankan beberapa program di windows tanpa harus membukanya terlebih dahulu. Biasanya program yang sudah berjalan otomatis saat pertama kali windows dinyalakan adalah Anti Virus, Remote Desktop, Timer, Driver, dan lain sebagainya.

Bukan hanya program saja yang bisa berjalan otomatis saat startup, file-file batch atau yang lainnya juga dapat berjalan secara otomatis. Dan terbukti cara ini tidak membahayakan komputer kalian, alias aman untuk dilakukan tanpa ada resiko kerusakan apapun. Program atupun file yang ditambahkan pada daftar startup juga dapat dinonaktifkan nantinya. Kalian bisa melihat selengkapnya diartikel: Cara Mematikan Program Startup / Berjalan secara Otomatis.

Menjalankan Program Startup melalui Folder Startup (Shortcut)


Cara yang pertama ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan jika dibanding dengan cara yang lain. Singkatnya, kita hanya perlu membuat shortcut lalu kita pindahkan difolder Startup, maka secara otomatis shortcut program tadi akan berjalan secara otomatis saat windows baru saja dinyalakan.


  1. Membuat File Shortcut


    Buatlah file shortcut untuk program atau file yang ingin kalian jalankan pada saat startup windows. Caranya klik kanan pada file (icon program), lalu pilih “Create Shortcut”. Tidak hanya program / aplikasi saja, kalian bisa menjalankan misalnya sebuah dokumen word untuk dibuka pada saat startup.

  2. Menyalin File Shortcut


    Setelah kalian membuat file shortcut, langkah selanjutnya yaitu menyalin shortcut pada folder startup. Dengan cara masuk ke direktori C:\Users\NAMA PC\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup. Kemudian pastekan shortcut yang tadi kalian salin.


    Jika kalian tidak bisa menemukan direktori nya, artinya komputer kalian tidak menampilkan folder tersembunyi, sedangkan folder bernama AppData adalah folder tersembunyi. Untuk mengatasinya kalian bisa membuka menu Organize pada Windows Explorer, lalu pilih Folder and search option, pada tab View silahkan pilih Show hidden files, folders, and drivers.
  3. Restart Komputer


    Jika sudah selesai, silahkan restart komputer kalian, maka program yang sudah kalian tambahkan difolder startup akan berjalan secara otomatis saat windows baru pertama dinyalakan. Butuh beberapa detik untuk menjalankan program tersebut secara otomatis setelah windows menampilkan desktop.

    Sebenarnya tidak hanya shortcut program aplikasi saja yang bisa ditambahkan, tapi file berformat apapun yang kita masukkan ke dalam folder startup maka akan berjalan secara otomatis saat startup windows.

Menjalankan Program secara Otomatis saat Windows Startup melalui Task Scheduler


Task Scheduler adalah sebuah aplikasi windows yang memiliki fungsi untuk mengatur jadwal aktivitas pada komputer, selain dapat menjalankan program saat windows startup, Task Scheduler juga dapat mengirimkan email, menampilkan pesan, mem-backup data secara otomatis dan sesuai dengan waktu yang kita setting.


  1. Buka Task Scheduler


    Buka task scheduler melalui fitur search untuk mempermudah pencarian. Kemudian pilih opsi Create Basic Task yang terletak pada Tab Action di sebelah kanan.




  2. Membuat Basic Task


    Selanjutnya isikan nama aplikasi / program yang ingin dijalankan secara otomatis saat windows startup, kalian juga bisa mengisikan deskripsi (opsional). Lalu pilih Next.


    Kemudian akan muncul beberapa opsi “kapan task dijalankan?”. Kalian bisa memilih opsi When I log on. Jadi kalian akan menjalankan task (program) setiap kalian windows baru dinyalakan. Jika sudah pilih Next.


    Langkah selanjutnya adalah menentukan apa yang akan dilakukan oleh task tersebut. Pilih Start a program yang berarti program akan secara otomatis berjalan saat startup windows.


    Lalu menentukan path program yang ingin dijalankan. Misalnya disini dansverine akan menjalankan winamp, maka masukkan direktorinya yang menuju aplikasi winamp. Pilih Next jika sudah selesai.


    Sebelum mengakhiri proses pastikan settingan yang kalian masukkan sudah benar, jika sudah pilih Finish.


Untuk mengetes apakah konfigurasinya berhasil, silahkan restart komputer kalian. Jika program yang kalian masukkan otomatis terbuka maka kalian sudah berhasil dalam menjalankan program secara otomatis saat windows startup.

Jika Laptop/PC kalian terasa lemot saat startup, mungkin bisa dikarenakan oleh program yang kalian masukkan ke daftar program startup terlalu banyak, sehingga windows membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk mengatasinya, kalian bisa mematikan / menonaktifkan program yang tidak penting lagi, kalian bisa membaca di artikel yang sudah dansverine siapkan: Cara Mematikan Program yang berjalan secara otomatis.

Itulah Cara Menjalankan Program secara Otomatis ketika Windows Startup atau baru dinyalakan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman-teman yang ingin aplikasinya berjalan otomatis saat baru pertama kali windows dibuka. Share ke teman-teman kalian jika dirasa bermanfaat.

0 Response to "Cara Menjalankan Program Secara Otomatis Saat Windows Startup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel