Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengubah Android Menjadi Microphone


Saat ini aplikasi android yang tersedia di play store sudah sangat banyak dengan berbagai macam kegunanaan. Android saat ini tidak hanya digunakan untuk sekedar chatting ataupun selfie dan bermain game saja. Akan tetapi, android sudah sangat berkembang dengan berbagai macam aplikasinya. Bahkan sekarang kalian bisa memutuskan koneksi wifi dan bisa membobol wifi hanya dengan hp android saja. Namun yang akan kita bahas saat ini adalah cara mengubah android menjadi microphone.

Cara Mengubah Android Menjadi Microphone adalah tutorial yang sangat berguna bagi kalian yang sedang ada acara seperti seminar, presentasi maupun kegiatan lain yang membutuhkan pengeras suara tapi microphone sedang rusak ataupun tidak ada, kalian juga bisa jadikan HP Android sebagai pengganti Microphone untuk karaoke. Cara kerjanya yaitu seperti cara kerja mic pada umumnya yang membutuhkan Speaker tambahan. Jadi hanya bisa dijadikan sebagai penerima suara saja yang nantinya akan dikirim ke PC / Laptop dan speaker bluetooth, tidak bisa mengeluarkan suara yang keras.

Untuk dapat membuat hp menjadi microphone bluetooth dengan mudah, kalian bisa gunakan sebuah aplikasi yang bernama Wo Mic. Wo Mic adalah salah satu aplikasi microphone terbaik untuk android yang berguna untuk membuat hp jadi microphone bluetooth. Ada banyak pilihan untuk menghubungkan android ke speaker external beberapa diantaranya Bluetooth, USB dan Wi-Fi. Dengan begitu ada banyak metode agar suara yang dihasilkan tidak delay, salah satunya dengan menggunakan aplikasi mic android tanpa delay ini.

Sebelum masuk ke tutorialnya, sebaiknya kalian download terlebih dahulu aplikasi yang akan kita gunakan untuk membuat android jadi mic. Berikut link download yang dapat kalian kunjungi untuk menyimpan filenya.

  1. WO Mic untuk Android | Download
  2. WO Mic untuk Windows Driver | Download
  3. WO Mic untuk Windows Client | Download
  4. WO Mic untuk MAC OS | Download

Silahkan install semua aplikasi diatas, termasuk Software WO Mic Driver dan Client untuk Windows.


Cara Mengubah Android Menjadi Microphone


  1. Setelah kalian install aplikasi yang sudah saya sediakan diatas, silahkan buka aplikasi WO Mic di Perangkat Android.
  2. Kemudian akan keluar tampilan menu WO Mic. Lalu pilih Setting (Icon Gerigi).
  3. Lalu pilih Transport. Disini kalian bisa memilih beberapa metode yang akan digunakan untuk menghubungkan android dengan komputer. Diantaranya Bluetooth, USB, dan Wifi.

  4. Disini saya gunakan USB untuk menghubungkan kedua perangkatnya
  5. Aktifkan USB Debugging di android kalian. Dengan cara Pengaturan > Sistem > Opsi Developer > Aktifkan USB Debugging.
  6. Kemudian hubungkan Smartphone Android dengan PC / Laptop dengan kabel USB.
  7. Lalu buka kembali aplikasi Wo Mic di Android, kemudian pilih Start (Icon Start).
  8. Selanjutnya Buka Software Wireless Orange Mic pada PC/Laptop.
  9. Pilih Connection > Connect > pilih USB.

  10. Tunggu beberapa saat hingga proses menghubungkan selesai.

Jika kalian ingin menggunakan Metode yang lain, caranya hampir sama seperti diatas hanya ada sedikit langkah yang berbeda. Silahkan amati dan cermati langkahnya kira-kira seperti ini.

  • Transport Bluetooth, Buka Wo Mic Client pada PC / Laptop kemudian pilih Connection > Connect > pilih Bluetooth > Device Bluetooth dari PC.


  • Transport Wifi, Hubungkan kedua perngkat ke Wi-Fi yang sama. Kemudian buka Wo Mic Client pada PC / Laptop kemudian pilih Connection > Connect > pilih Wifi > Masukkan Alamat IP yang ada di Aplikasi Wo Mic Android.


Seperti yang kita ketahui, menggunakan Bluetooth, Wifi ataupun USB sebagai pengantar atau penghubung perangkat memiliki kekurangan yaitu jika ada sedikit masalah di bagian transport maka suara yang dihasil kan akan Delay. Masalah Delay bisa dansverine atasi jika ingin mengubah android jadi speaker bluetooth. Namun untuk tutorial kali ini dansverine belum menemukan solusinya. Mungkin masalah ini tergantung Device atau Perangkat yang kita gunakan.


Demikian tutorial mengenai cara mengubah android menjadi microphone. Kesimpulannya kita gunakan aplikasi microphone terbaik untuk android yaitu WO Mic, kemudian sambungkan dengan perangkat PC melalui beberapa metode diantaranya Bluetooth, USB, dan Wifi. Setiap metode beda-beda langkah-langkahnya, maka dari itu simak baik-baik penjelasan diatas sebelum kalian bertanya.

Jika masih belum menemukan solusinya silahkan tanyakan lewat komentar dibawah dan jika kalian merasa artikel ini bermanfaat bagi kalian silahkan share ke teman-teman kalian melalui facebook maupun whatsapp agar tahu mengenai cara membuat android menjadi microphone di pc atau laptop.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Android Menjadi Microphone"