Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Android Menjadi Speaker Bluetooth PC


Jika kalian ingin memiliki speaker untuk PC atau Laptop tapi belum kesampean atau sudah punya speaker tapi sudah rusak. Kalian tidak perlu khawatir karena sekarang kalian bisa gunakan HP Android untuk dijadikan sebagai Pengganti Speaker Wireless untuk PC dan Laptop.

Untuk membuat android sebagai speaker bluetooth atau wireless pada PC, kita membutuhkan sebuah aplikasi bernama SoundWire dari GeorgiaLabs. SoundWire adalah aplikasi yang dapat mengirim suara dari server ke client, server disini yaitu komputer atau laptop yang dikirim ke client yaitu android. Android akan mengeluarkan output suara saat kalian membuka file musik atau video dari komputer atau laptop, selama kedua perangkat terhubung dengan Wi-Fi yang sama dan sudah terinstall aplikasi SoundWire.

Jaringan Wi-Fi untuk menghubungkan kedua perangkat tidak perlu menggunakan Internet cukup sambungkan saja dengan wifi yang sama. Kalian bisa menggunakan Hotspot Wifi dari android kemudian sambungkan dengan PC/Laptop.

Daripada membeli speaker wireless yang harganya cukup mahal, Dansverine punya cara untuk merubah HP Android menjadi  Speaker Wireless di PC atau Laptop.


Cara Membuat Android menjadi Speaker Bluetooth pada PC dan Laptop



  1. Pertama kita siapkan aplikasi untuk mengubah android menjadi speaker wireless. Silahkan Install aplikasi SoundWire Free pada Android dan SoundWire Server untuk PC / Laptop.
  2. Jika aplikasi tersebut sudah terinstall di kedua perangkat (Android dan PC/Laptop). Pastikan PC dan HP Android kalian sudah terhubung dengan Wi-Fi yang sama.
  3. Buka SoundWire Server pada PC atau laptop kalian, kemudian catat alamat Server Address yang ada pada aplikasi SoundWire Server. Alamat tersebut nantinya akan kita gunakan untuk menghubungkan kedua perangkat.

  4. Buka aplikasi SoundWire Free pada Android, lalu masukkan alamat Server Address yang ada pada PC atau Laptop kalian.

  5. Jika berhasil maka pada aplikasi SoundWire Server akan berubah statusnya dari Disconnected menjadi Connected. Silahkan tes dengan cara memutar lagu menggunakan Winamp atau memutar video dari PC/Laptop.

  6. Jika belum berhasil, coba putus sambungkan koneksi hingga suara keluar dari speaker dari android kalian dan pastikan kedua perangkat terhubung dengan Wi-Fi yang sama.
  7. Jika kalian ingin hanya mendengarkan suara dari Smartphone saja, silahkan mute volume PC / Laptop kalian, jangan mute suara pada aplikasi pemutar file musik atau video tersebut tapi mute speaker dari PC langsung. Karena kalau mute dari pemutar file maka suara di android akan ikut mute juga.
  8. Menurut artikel yang saya baca tentang cara menjadikan android sebagai pengganti speaker PC, ada beberapa masalah yaitu ketika digunakan untuk menonton film suaranya akan terdengar delay atau terlambat 1 detik. Untuk mengatasinya kalian bisa setting pada android yaitu dengan cara masuk ke menu Setting > Audio buffer size > lalu pilih 8k atau 16k. Ini terbukti work saya sudah mencobanya dan hasilnya tidak delay.


  9. Jika masih belum berhasil kalian bisa menggunakan Tool Audio / Video Sychronization yang terdapat pada software pemutar video seperti GOM Player, VLC, dan Windows Media Player.

Tentunya suara yang dihasilkan tidak sebaik dengan menggunakan Speaker Bluetooth untuk PC / Laptop namun tidak ada salahnya kalian mencoba selama ini gratis dan masih bisa digunakan.


Demikian artikel mengenai Cara Menjadikan Android menjadi Speaker Wireless pada PC atau Laptop. Kesimpulannya kedua perangkat harus terhubung dengan Jaringan Wi-Fi yang sama, kemudian install aplikasi bernama SoundWire pada kedua perangkat lalu untuk menghubungkannya yaitu dengan cara masuk dalam Server Address yang sama. Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kalian melalui Facebook maupun Whatsapp.

4 komentar untuk "Cara Membuat Android Menjadi Speaker Bluetooth PC"

  1. LU PAHAM BEDANYA BLUETOOH SAMA WIFI GAK SIIH ANJEEENG?

    BalasHapus
  2. iya bro delay parah apalagi pake setingan 256k :v, walaupun di setting 8k ttp aja delay solusinya ya audionya di sinkronkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekurangan wireless emang gini gan, ada delaynya

      Hapus