Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Merubah Tampilan HP Menjadi Android Pie


Kebanyakan pengguna hp android jika ingin merubah tampilan smartphone menjadi seperti versi android tertentu melakukan root dan pasang custom ROM. Namun cara ini sedikit ekstrim karena tak sedikit yang gagal dan akhirnya mati total. Tapi tenang saja, disini Dansverine akan membagikan cara yang paling mudah untuk merubah tampilan hp seperti Android Pie tanpa harus Root.

Cara yang Dansverine maksudkan disini adalah dengan menggunakan Launcher. Launcher yang saya gunakan adalah Nova Launcher karena fiturnya yang lebih lengkap dan hasilnya lebih maksimal jika dibanding dengan Launcher lainnya. Aplikasi Launcher Android Pie Terbaik ini bisa dipasang disemua HP Android tanpa harus Root. Cara ini aman jadi kalian tidak perlu khawatir jika pemasangannya gagal.



Berikut fitur yang kalian dapatkan jika kalian menginstall launcher android pie ini, kelebihan android pie dengan versi android lainnya. Home Navigation Button, New App Tray, New Volume Slider,  Smart Notif & Control Center, Smooth Animation.

Tampilan Homescreen Android P

Tampilan Menu Android P

Sebelum melanjutkan langkah-langkahnya, sebaiknya kalian Download terlebih dahulu aplikasi yang dibutuhkan untuk merubah tampilan smartphone seperti android P. Berikut ini langkah-langkah untuk mengganti tampilan hp seperti Android 9 Pie.

Cara Merubah Tampilan HP Android Menjadi Seperti Android P



1. Menambahkan Fitur Tambahan Android P


Bahan-Bahan:

Fitur disini yang Dansverine maksud adalah Volume Android P dan Android P Rotation. Selain tampilannya yang menarik dan simple, menggunakan Android P Rotation sangat membantu karena kita tidak perlu mengaktifkan Putar Layar Otomatis untuk mengganti posisi layar. Karena saat HP android kita dalam posisi Landscape maka akan muncul tombol rotation yang dapat merubah tampilan layar menjadi Landscape begitu juga saat HP Android kita dalam posisi Potrait.

Untuk menginstallnya juga mudah, kita hanya perlu mengizinkan aplikasi untuk menjalankan aplikasinya di smartphone kita. Jadi saya asumsikan kalian sudah bisa menginstall aplikasi Android P Rotation dan VolumePie.

Jika masih merasa kurang kalian bisa menambahkan fitur Always On Display agar tampilan smartphone kalian lebih menarik dan bisa juga mengganti font agar tampilannya mirip seperti android pie, bisa dilihat disini.



2. Mengganti Status Bar Android P


Bahan-Bahan:


Mengupgrade tampilan Android P belum lengkap kalau belum mengganti tampilan status bar seperti android p. Untuk mengganti status bar kita bisa gunakan aplikasi bernama Power Shade. Power Shade adalah aplikasi untuk mengubah tampilan status bar menjadi seperti android P.

Namun terdapat bug dalam aplikasi tersebut, yaitu saat kita menghidupkan / menonaktifkan data selular, tidak langsung on atau off tapi kita harus masuk ke pengaturan terlebih dahulu. Ini sangat mengganggu kalau kita sedang bermain game online seperti PUBG Mobile, Fortnite Mobile dan Mobile Legends. Jadi saran saya jika ingin memainkan Game Online sebaiknya aplikasi Power Shade di matikan terlebih dahulu.



3. Mengganti Tampilan Homescreen Android Pie


Bahan-Bahan:

Sebelum melanjutkan tutorial silahkan download terlebih dahulu bahan-bahan diatas untuk mengganti tampilan homescreen seperti Android Pie.

Untuk mengganti tampilan homscreen android P, kita membutuhkan aplikasi bernama
Nova Launcher dan Pixel Icon Pack. Nova Launcher digunakan untuk mengubah tampilan Icon dan Tampilan Homescreen. Untuk mengatur tampilan seperti android p, kita bisa gunakan Preset yang sudah Dansverine sediakan di atas (File Zip). File tersebut berisi Preset Nova Launcher Tampilan Android P. Untuk me-load preset silahkan ikuti langkah berikut ini.

  1. Download Pixel Icon Pack, gunanya untuk mengganti icon seperti android pie.
  2. Buka Nova Launcher, kemudian pilih Cadangkan dan impor setelan.
  3. Setelah itu pilih Pulihkan atau kelola cadangan  kemudian pilih Android P By Dansverine.


  4. Maka sekarang tampilan menu hp android kalian akan berubah menjadi seperti Android Pie.
  5. Silahkan lanjutkan langkahnya dibawah agar hasilnya lebih maksimal.

Rasanya kurang kalau hanya tampilan Homescreen dan Icon saja yang berubah, kita perlu aplikasi bernama KWLP. Aplikasi tersebut akan kita gunakan untuk mengatur Live Wallpaper. Jadi Live Wallpaper tidak seperti Wallpaper biasa, namun bisa kita atur gesture nya. Misalnya wallpaper tersebut ada gambar logo Facebook, saat mengetuk wallpaper tersebut maka kita akan masuk ke aplikasi Facebook. Silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk menginstall dan mengatur aplikasi KWLP

  1. Download dan Install aplikasi KLWP
  2. Download File Zip yang sudah Dansverine sediakan diatas, kemudian extract file tersebut lalu ditaruh di Penyimpan Internal. File Zip tersebut berisi Preset untuk kustom LWP
  3. Buka aplikasi KLWP Pro, kemudian pada Menu pilih Load Preset.
  4. Maka akan muncul 2 Preset yang berisi Preset Homescreen Android P, silahkan pilih ukurannya sesuai Screen Resolution HP android kalian.

  5. Untuk Mengganti Background, pada Menu Kustom, silahkan pilih Pick Image lalu kemudian pilih Gambar yang ada dalam Penyimpanan Memori kalian.
  6. Jika sudah silahkan Save dengan menekan Icon Save di sebelah atas.


Download semua bahan-bahan full untuk mengubah tampilan hp seperti android 9 Pie lengkap.

Nah Demikianlah Artikel mengenai Cara Mengubah Tampilan HP seperti Android P 9.0. Semoga bermanfaat dan bisa berhasil di hp android kalian. Apabila ada saran dan masukkan silahkan kirimkan lewat kolom komentar dibawah.

Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kalian dan kalian juga bisa request mengenai artikel seperti ini, misalnya Setup Homescreen seperti Android Oreo.

2 komentar untuk "Cara Merubah Tampilan HP Menjadi Android Pie"