10 Software Alternatif Pengganti Microsoft Office (Open Source)


Microsoft Office merupakan Software yang digunakan untuk melakukan pekerjaan kantor seperti dokumentasi, laporan dan presentasi. Software ini juga wajib terinstall pada semua PC/Laptop. Namun, kalian diwajibkan membeli software tersebut untuk dapat digunakan secara resmi, harga software tersebut juga terbilang cukup mahal, bahkan bisa sampai jutaan rupiah untuk menggunakan Microsoft Office. Jika tidak ingin membayar, kalian bisa mencari software microsoft office versi bajakan yang tentunya ini melanggar hak cipta dan memiliki resiko yang harus tanggung kalian untuk kedepannya.

Tapi kalian tak perlu khawatir. Jika kalian ingin memiliki software microsoft office tetapi tidak ingin mengeluarkan biaya, dan tidak ingin menggunakan versi bajakan, kalian bisa gunakan Software Alternatif yang mirip Microsoft Office secara gratis (Open Source). Fiturnya pun hampir sama dengan Ms. Office dan juga file yang disimpan dapat dibuka lagi menggunakan Ms. Office, artinya Format Penyimpanannya bisa diganti menjadi .docx maupun dijadikan sebagai pdf.

Nah berikut ini Dansverine akan mengulas secara rinci tentang 10 Software Gratis pengganti Microsoft Office (Open Source):

10 Aplikasi Open Source Pengganti Microsoft Office

1. Libre Office (Recommended)


The Document Foundation (TDE) merupakan pengembang dari software LibreOffice. Libre Office merupakan aplikasi perkantoran yang merupakan versi penyempurnaan dari Open Office. Apache OpenOffice berpisah dengan LibreOffice pada tahun 2010. Keunggulan LibreOffice ini yaitu dapat menyimpan dokumen dalam bentuk PDF. Aplikasi pengganti Microsoft Office ini tersedia untuk Windows, Linux, OS X dan juga Android. Untuk sistem operasi Linux Ubuntu software LibreOffice sudah otomatis terinstall didalamnya.

Libre Office terdiri dari beberapa aplikasi diantaranya LibreOffice Base, Calc, Draw, Impress, Math, dan Writer. Berikut ini merupakan penjelasan tentang aplikasi-aplikasi yang terdapat pada LibreOffice :

  • Dalam LibreOffice Base, kalian dapat mengakses data yang disimpan dalam berbagai format file database. LibreOffice Base mendukung format file datar seperti dBASE. Kalian juga dapat menggunakan LibreOffice untuk terhubung dengan database relasional eksternal seperti database dari MySQL atau Oracle.
  • LibreOffice Calc adalah aplikasi spreadsheet yang dapat kalian gunakan untuk menghitung, menganalisis, dan mengelola data. LibreOffice Calc juga dapat mengimpor dan memodifikasi spreadsheet Microsoft Excel.
  • LibreOffice Draw memungkinkan kalian membuat gambar yang sederhana dan kompleks dan mengekspornya dalam sejumlah format gambar umum. kalian juga dapat memasukkan tabel, bagan, rumus, dan item lain yang dibuat dalam program LibreOffice ke dalam gambar.
  • LibreOffice Math menyediakan banyak operator, fungsi dan pemformatan asisten untuk membantu membuat rumus. Ini semua terdaftar di jendela pilihan, di mana kalian dapat mengklik elemen yang diperlukan dengan mouse untuk memasukkan objek ke dalam pekerjaan kalian.
  • LibreOffice Writer memungkinkan kalian mendesain dan menghasilkan dokumen teks yang dapat menyertakan grafik, tabel, atau bagan. LibreOffice Writer dapat menyimpan dokumen dalam berbagai format, termasuk format OpenDocument stkalianr (ODF), Microsoft Word .doc format, atau HTML. Dan kalian dapat dengan mudah mengekspor dokumen kalian ke Portable Document Format (PDF).
  • LibreOffice Impress memungkinkan kalian membuat pertunjukan slide profesional yang dapat menyertakan bagan, menggambar objek, teks, multimedia, dan berbagai item lainnya. LibreOffice Impress bahkan dapat mengimpor dan memodifikasi presentasi Microsoft PowerPoint. Untuk tayangan slide di layar, animasi, transisi slide dan multimedia adalah beberapa teknik yang dapat kalian gunakan untuk membuat presentasi kalian lebih menarik.

2. Apache OpenOffice

OpenOffice merupakan salah satu aplikasi open source pengganti microsoft office yang mungkin lebih banyak dikenal orang, karena aplikasi ini sudah berdiri hampir 15 tahun. Paket aplikasi dalam OpenOffice hampir sama dengan paket aplikasi pada Ms. Office seperti Word, Database, Spreadsheet, Presentation, dan Desain Grafis. OpenOffice juga dapat membaca jenis format dari aplikasi office lainnya seperti dokumen Microsoft Word ataupun Excel.

Kunjungi juga toko bunga terbaik di kudus, menyediakan berbagai macam karangan bunga seperti Handbouqet atau bunga tangan, bunga papan atau stek werk, Standing flowers, bunga vas / bunga meja, krans duka cita dan flower box yang memiliki kualitas terbaik.

3. SoftMaker FreeOffice

SoftMaker FreeOffice salah satu aplikasi office paling ringan dengan tampilan yang menarik. Untuk menggunakan SoftMaker FreeOffice kalian bisa menggunakan serial key dari website resmi untuk dapat menggunakan paket aplikasi seperti PlanMaker, TextMaker dan Presentation.

Jenis format file dari aplikasi office lain juga dapat dibaca oleh SoftMaker FreeOffice yang menjadikan FreeOffice lebih mudah digunakan. Software ini sangat cocok untuk kalian yang mempunyai PC/Laptop dengan Spesifikasi Rendah/Low.

4. WPS Office

WPS Office sebelumnya bernama Kingsoft Office. Aplikasi asal Hong Kong ini sangat mirip dengan Microsoft Office. Namun paket aplikasi dalam WPS Office saat ini hanya terdapat 3 aplikasi dasar saja yaitu WPS Writer, WPS Spreadsheet, dan WPS Presentation. WPS Office mendukung jenis format file Ms. Office seperti .docx dan juga .xls.

Fitur WPS Office menarik lainnya yaitu dapat membuat ebook multi halaman, dapat mengconvert file PDF dan juga menambahkan Watermark. WPS Office juga tersedia pada berbagai platform seperti Windows, Linux, Android dan iOS.

5. Polaris Office

Dengan software ini kalian dapat membuat sebuah dokumen, membuat spreadsheet, dan juga dapat membuat slide presentasi. Software yang dikembangkan oleh Infraware.Inc dapat digunakan secara gratis atau Open Source. PolarisOffice memiliki tampilan yang minimalis dan modern agar lebih menarik dan memudahkan dalam penggunaanya. Software ini sudah terintergrasi dengan beberapa Cloud Storage atau penyimpanan awan seperti Google Drive, OneDrive, dan DropBox. Polaris Office sudah tersedia dalam beberapa platform seperti Windows, dan Android.

6. Google Docs

Google Docs merupakan office suit berbasis web yang terdapat semua paket aplikasi dasar Microsoft Office. Fitur pada Google Docs tidak kalah dengan software alternatif Ms. Office lainnya, pada Google Docs kita bisa membuat dokumen pengolah kata seperti Ms. Word, Spreadsheet seperti Excel, dan juga bisa membuat slide presentasi sama seperti PowerPoint. Google Docs dapat diakses melalui layanan Cloud Storage milik Google yaitu Google Drive.

Bahkan tanpa memiliki akun google sekalipun, kalian masih bisa membuat, berbagi dan mengedit dokumen. Kalian juga bisa melihat perubahan dokumen secara real time. Platform yang mendukung Google Docs adalah Windows, Linux, MacOS, Android dan iOS.

Jenis file dokumen yang ditawarkan juga tak kalah menarik, Google Docs mendukung file format dokumen dari Microsoft Office dan juga PDF. Office suite berbasis web ini juga terintegrasi dengan layanan google lainnya seperti Gmail, Google+ dan Google Calendar. Penyimpanan Google Docs sebesar 15 GB, kalian bisa membayar $ 2 per bulan untuk menambah penyimpanan pada Google Docs.

7. Zoho Docs

Pada dasarnya Zoho Docs sama dengan Google Docs yang merupakan aplikasi perkantoran berbasis web. Paket dasar microsoft office juga tersedia di dalam Zoho Docs, diantaranya pengolah kata, spreadsheet, dan presentasi. Keunggulan lainnya yaitu dapat berbagi secara real time editing dengan 3 pengguna sekaligus. Menurut kebanyakan orang, menilai zoho docs terbilang sedikit agak rumit untuk penggunaannya.

Awalnya Zoho Docs hanya menyediakan aplikasi pengolah kata saja, namun seiring perkembangan zoho docs sudah menambahkan Spreadsheet dan Presentations. Jika pada Google Drive menawarkan 15 GB untuk penyimpanan, Zoho Docs hanya menawarkan cloud storage sebesar 5 GB saja.

Dalam Zoho Docs kalian bisa mengekspor berbagai file dokumen lainnya seperti ODT dan HTML. Sekarang Zoho Docs sudah tersedia di Android dan iOS dengan tampilan yang lebih menarik dan jauh lebih lengkap fitunya.

8. Atlantis Word Processor

Atlantis Word Processor merupakan software yang sangat mirip dengan Microsoft Word ‘Jadul’. Software ini hanya tersedia paket aplikasi pengolah kata saja, jadi dalam software ini tidak terdapat aplikasi-aplikasi seperti excel dan powerpoint.

Fitur dan keunggulan yang paling menonjol dalam aplikasi alternatif Ms. Word ini adalah power type, yang berguna untuk memprediksi kata yang akan diketik selanjutnya. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat pengguna dalam menyelesaikan pekerjaannya.

9. OfficeSuite

OfficeSuite dikembangkan oleh MobiSystems. Biasanya perangkat yang dibuat oleh Amazon, Toshiba, Sony sudah otomatis terinstall pada perangkat. Cara kerja OfficeSuite sama seperti program office lainnya, yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengedit dokumen. Program ini juga mendukung beberapa format seperti RTF, CSV, ODT, DOC dan Format file extract seperti ZIP.

Selain itu, dokumen PDF juga mendukung pada program ini, layanan cloud storage juga tersedia disini misalnya GoogleDrive, OneDrive, dan DropBox. Kalian juga dapat membeli versi premium untuk mendapatkan fitur yang lebih menarik. OfficeSuite kini sudah tersedia di sistem operasi Windows, Linux, Android dan iOS.

10. OnlyOffice

OnlyOffice merupakan Program office open source yang dikembangkan oleh Ascensio Systems SIA. Tidak hanya menyediakan program office saja, OpenOffice juga dapat digunakan hal pemenuhan pesanan dan mendokumentasikan penjualan

Seperti halnya dengan software office gratis lainnya OpenOffice dapat membuat dan mengedit dokumen, membuat spreadsheet, dan juga dapat membuat slide presentasi. Format filenya pun kompatibel dengan beberapa jenis file lainnya.

Demikianlah beberapa software alternatif yang mirip dengan microsoft office, yang semoga dapat membantu kalian dalam hal membuat dokumen, spreadsheet, dan presentasi. Dengan menggunakan software alternatif kalian tidak perlu menggunakan Microsoft Office yang harganya cukup mahal, karena aplikasi diatas mendukung jenis format microsoft office dan fiturnya pun sama, bahkan ada yang tidak dimiliki Ms. Office sekalipun.

Dari sekian banyak aplikasi pengganti Ms. Office pastinya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun saya merekomendasikan menggunakan LibreOffice karena fitur dan paket aplikasinya sangat lengkap berbeda dengan aplikasi office yang lain.























Tags: 10 Software Alternatif Pengganti Microsoft Office, Software Gratis Pengganti Microsoft Office, Aplikasi Office Gratis Terbaik untuk PC Alternatif Microsoft Office, Aplikasi Open Source Pengganti Microsoft Office, Software Alternatif Microsoft Office Terbaik & Gratis, Alternatif Aplikasi Pengganti Microsoft Office Gratis Terbaik, Software GRATIS Alternatif Microsoft Office, aplikasi office gratis untuk pc, office ringan pc, office free, versi microsoft office paling ringan, pengganti microsoft office di mac, open office, microsoft office yang ringan, aplikasi office gratis untuk pc, microsoft office yang ringan ,pengganti microsoft office,ms office terbaik, pengganti microsoft office di mac, wps office pc, office ringan pc,polaris office, microsoft office yang ringan, aplikasi office gratis untuk pc, ms office terbaik, pengganti microsoft office, wps office writer, office ringan pc, aplikasi seperti microsoft word di android

5 Responses to "10 Software Alternatif Pengganti Microsoft Office (Open Source)"

  1. Kok pas banget. Lagi abis lisensi gratis microsoft officeku pas baca artikel ini. Sangat membantu kak. Pake yang uda puluhan taun aja deh yang mantap

    BalasHapus
  2. hay, danny. banyak pilihan untuk memulainya.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel