Cara Membuat USB Bootable tanpa Software



Bagi kalian yang mempunyai netbook namun tidak dilengkapi dengan DVD-ROM, kalian bisa menggunakan Bootable USB untuk menginstall Windows di Laptop/PC. Kebanyakan untuk membuat usb bootable dibutuhkan software tambahan seperti rufus, wintoflash atau software lainnya. Maka dari itu Dansverine.com akan membahas mengenai cara membuat usb bootable tanpa software.
Meskipun cara membuat bootable usb dengan rufus sangat mudah, namun kalian juga perlu pengalaman baru dan ilmu baru yaitu dengan cara membuat bootable usb tanpa software. Jadi misalkan kalian sangat membutuhkan dalam keadaan tidak tersambung dengan internet dan tidak ada aplikasi tambahan seperti rufus, dsb kalian bisa gunakan cara ini.

Nah berikut ini cara membuat usb bootable yang bisa kalian praktekan dari sekarang:
  1. Pertama kalian harus menyiapkan Flashdisk dan ISO installer Windows.
  2. Pastikan file dalam flashdisk kalian backup karena dalam pembuatan Bootable USB membutuhkan flashdisk yang kosong/tidak berisi file. Baca juga: Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected
  3. Jika kalian belum memiliki ISO installer Windows, kalian bisa mendownloadnya lewat website resminya disini: Download Windows 7, Download Windows 8.1, Download Windows 10
  4. Kemudian masukkan Flashdisk ke PC, lalu buka menu windows kemudian ketikkan Diskpart, lalu tekan Enter
  5. Pada menu CMD Diskpart, ketikkan List disk. Maka akan muncul beberapa menu penyimpanan dalam PC kalian

  6. Lihat disk yang menunjukan Flashdisk kalian, biasanya ukurannya kecil dibanding dengan Disk yang lain

  7. Kemudian ketikkan “select disk 3” (ganti 3 dengan nomor urutan disk flashdisk kalian), kemudian tekan Enter

  8. Format flashdisk kalian dengan cara mengetik “Clean” lalu tekan Enter. Maka partisi,file system, data/file yang masih tersimpan akan terhapus semua.


  9. Kemudian buat partisi dengan cara ketik “Create partition primary

  10. Lalu aktifkan partisi tersebut dengan cara ketik “active” kemudian tekan Enter

  11. Ganti file system flashdisk tersebut dengan cara ketik "format fs=fat32 label febian quick" lalu tekan Enter. (ubah nama label sesuai keinginan kalian). Jika ukuran flashdisk 4GB gunakan file system FAT32 dan jika ukuran flashdisk lebih dari 8GB disarankan gunakan file system NTFS.

    Jangan lupa kunjungi juga toko bunga di mojo kediri yang menyediakan berbagai macam kebutuhan karangan bunga seperti bunga papan ucapan pernikahan/ wedding, bunga papan turut berduka cita/ belasungkawa, bunga papan ucapan selamat dan sukses atau congratulations, bunga papan ucapan pembukaan gedung atau grand opening, standing flowers, flowers board, bunga box atau flower box, dll.

  12. Nah setelah berhasil mengikuti cara diatas, maka flashdisk kalian sudah menjadi partisi primary yang aktif dan sudah bootable.
  13. Untuk menambahkan file ISO installer Windows, kalian tinggal mount saja file ISO installer Windows dan copy semua isinya ke flashdisk yang kalian gunakan.
  14. Setelah semua tercopy maka kalian sudah berhasil untuk membuat Bootable USB dan siap digunakan untuk menginstall windows
Demikian tutorial tentang cara membuat Bootable USB tanpa Software tambahan yang bisa kalian praktekan sekarang. Intinya sebelum kalian membuat usb bootable pastikan kalian sudah memiliki flashdisk yang berukuran minimal 4GB dan file ISO installer windows kemudian dilanjutkan dengan memformat dan membuat partisi baru dalam flashdisk tersebut. Lalu mengcopy file ISO installer windows ke flashdisk dengan cara Mount, kalian bisa gunakan PowerISO untuk melakukannya.

Jika berkenan silahkan share dan komentar untuk mensupport kami untuk terus membagikan artikel-artikel yang bermanfaat seputar komputer dan jika kalian punya masalah pada komputer kalian, kalian bisa share masalah tersebut melalui kolom komentar, insyaallah dansverine.com akan membantu dengan membuat artikel untuk mengatasi masalah tersebut.

Artikel Terkait

5 Responses to "Cara Membuat USB Bootable tanpa Software"

  1. Saya biasa pake Rufus, ternyata bisa juga tanpa software ya. Nice.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan.. tapi ya gitu klo tanpa software lebih ribet

      Hapus
    2. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT!
      cobain open source project rancangan ane mas bro >

      IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

      (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

      => Tersedia Reward menarik untuk yang ingin sedikit berkontribusi

      #SalamSatuTeknologi

      Hapus
  2. makasih buat tutorialnya gan bermanfaat

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel