Cara Menyembunyikan dan Mengunci Aplikasi Android dengan Mudah


Pada kesempatan kali ini Dansverine akan membagikan tutorial cara menyembunyikan dan mengunci aplikasi android seperti Gallery,Whatsapp, FB, Instagram dan lainnya. Dengan menyembungikan dan mengunci aplikasi privasi kita akan aman dari teman atau anggota keluarga yang sedang membuka smartphone kita.

Foto yang tersimpan di gallery juga perlu kita jaga privasinya karena bisa saja orang terdekat kita membagikan foto-foto yang kurang baik yang ada dalam gallery kita. Media Sosial juga penting untuk kita jaga privasinya karena didalamnya juga terdapat data-data atau percakapan/chat pribadi.
Nah bagi kalian yang ingin menyembungikan dan mengunci aplikasi seperti media sosial, gallery, file manager, kalian bisa menggunakan tutorial yang sudah saya coba dan terbukti work. Berikut ulasan cara menyembungikan dan mengunci aplikasi di hp android.

1. Menggunakan Fitur Bawaan Android


Versi android terbaru sekarang sudah memiliki fitur untuk menyembunyikan aplikasi tertentu dengan alasan untuk menjaga privasi pemilik smartphone.

Disini, saya menggunakan hp asus (Zen UI 4) untuk mengunci sebuah aplikasi. Jika kalian menggunakan merk hp lain, kalian bisa mencari-cari sendiri. Namun step-stepnya tidak jauh berbeda dengan apa yang akan saya jelaskan nanti.

Pertama, masuk ke Menu Utama (Tampilan Aplikasi) kemudian pilih pengaturan biasanya dipojok terdapat tombol 3 titik vertikal, Lalu pilih Preferensi. Nah disitu terdapat beberapa pilihan diantaranya Layar Utama, Kunci Aplikasi, Sembunyikan Aplikasi,Tanggapan dan Bantuan, dan Tentang. Disitu kalian terserah mau pilih yang hanya sekedar Menyembunyikan atau Mengunci. Kemudian pilih aplikasi yang akan kalian sembunyikan atau dikunci.

2. Menggunakan Applock


Bagi kalian yang hpnya tidak terdapat fitur mengunci aplikasi, kalian bisa menggunakan sebuah aplikasi pengunci aplikasi yang bernama Applock, kalian bisa mendownload lewat Google Play Store.

  1. Pertama download dan install aplikasi applock. Kalian bisa mendownload lewat link berikut. DOWNLOAD 1 || DOWNLOAD 2
  2. Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi tersebut kemudian lewati beberapa step
  3. Step pertama, buat kunci pola, kemudian masukkan lagi pola konfirmasi. Kemudian masukkan email kalian, Setelah semua proses dilewati, pilih save.
  4. Kemudian akan keluar tampilan menu aplikasi, disini kalian pilih aplikasi yang akan kalian kunci. Jika simbol gembok sudah terkunci dan berwarna hijau artinya aplikasi tersebut sudah terkunci.
  5. Selanjutnya coba masuk ke aplikasi tersebut, kemudian kalian akan diminta memasukkan pola yang sudah kalian buat pada step pertama. Selesai.

3. Menggunakan LOCKit

Sebenarnya cara ini sama dengan cara nomor 2, hanya saja aplikasi Lockit ini lebih lengkap fiturnya.  Fitur yang membedakan aplikasi pengaman yaitu kunci panggilan masuk, bisa kustomisasi tema lockscreen, Notification Lock, Notification cleaner.

  1. Seperti biasa kalian cari aplikasi bernama lockit di playstore. Kemudian Download dan Install aplikasi tersebut. Bisa juga melalui link berikut DOWNLOAD 1 || DOWNLOAD 2
  2. Kemudian setelah proses download selesai, install aplikasi tersebut dan buka.
  3. Sama seperti aplikasi applock, disini kalian disuruh memasukkan kunci pola atau PIN yang kalian inginkan. Jika ingin menggunakan PIN, pilih yang Switch to PIN. Kemudian masukkan Pola/Pin pertama dan kedua untuk konfirmasi.
  4. Setelah memasukkan Pola (Pattern), selanjutnya yaitu memasukkan pertanyaan keamanan (Securuty question). Jadi jika kalian lupa pola atau pin kalian bisa menggunakan pertanyaan keamanan untuk membuka aplikasi tersebut dan mereset pola.
  5. Kemudian pilih menu Protect. Disini kalian bisa menentukan aplikasi mana saja yang ingin kalian kunci.
  6. Setelah selesai kalian bisa mencoba membuka aplikasi yang sudah kalian pilih, apakah keluar menu lockscreen atau tidak, jika iya. Maka cara ini work dan aplikasi gallery dan medsos kalian sudah aman.

2. Menggunakan CM Locker (Recommended)

Nah ini dia, aplikasi pengunci app terbaik saat ini, karena selain dapat mengunci layar, foto, dan kontak, CM locker juga dapat menemukan smartphone yang hilang dan memotret orang yang ingin membuka data privasi kalian (Gallery,Medsos,dll). CM locker tersedia fitur Catch Intruder jadi secara otomatis akan memfoto orang yang sedang menyusup jika memasukkan kata sandi yang salah. Tersedia Shortcut aplikasi seperti Kamera, Cuaca, Toolbox yang memudahkan kita untuk membuka aplikasi secara cepat.

  1. Pertama Download dan Install seperti biasa aplikasi bernama CM Locker. Kalian bisa cari di google play store atau menggunakan link download berikut DOWNLOAD 1 || DOWNLOAD 2
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut
  3. Pada menu utama, pilih kunci layar > Buat kata sandi > lalu masukkan pola sesuai keinginan kalian
  4. Untuk mengaktifkan Fitur Potret Penyusup (Intruder Selfie), Pilih Potret Penyusup > Kemudian setting pengaturan dan juga pastikan alamat email kalian sudah tertulis disitu karena agar foto si penyusup langsung terkirim ke email
  5. Untuk mengaktifkan fitur-fitur menarik lainnya, Menu > Fungsi lainnya. Disitu terdapat fitur yang akan keluar pada tampilan lockscreen.

Nah itulah tutorial cara menyembunyikan dan mengunci aplikasi di android dengan mudah. Tutorial ini tidak perlu banyak cara, karena kita bisa manfaatkan fitur bawaan dari android ataupun jika tidak ada kita masih bisa dengan menggunakan aplikasi pengunci aplikasi (applock). Dengan mengunci aplikasi data privasi kita akan aman dari orang-orang terdekat yang ingin menyadap hp kita. Menurut saya, aplikasi terbaik untuk mengunci aplikasi yaitu CM Locker. Karena fitur-fiturnya yang jauh lebih lengkap dibanding dengan Applock yang lain. Namun pastinya pilihan itu ada ditangan kalian masing-masing untuk menggunakannya.

Jika berkenan silahkan tinggalkan komentar jika sudah berhasil menyembunyikan aplikasi. Karena dengan adanya komentar kalian, semoga dapat membantu yang lainnya untuk mencoba menggunakan cara yang menurut kalian paling baik.

6 Responses to "Cara Menyembunyikan dan Mengunci Aplikasi Android dengan Mudah"

  1. Wah banyak juga aplikasinya ya... sekarang juga sudah banyak ponsel yang membuat penyembunyian aplikasi ini jadi nilai tambah dalam promosinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan tapi kebanyakan aplikasi kaya gini banyak iklan

      Hapus
  2. Ternyata ponsel ku harus menggunakan App untuk bisa lock dan menyebunyikan aplikasi tertentu terlepas dari semua itu saya sangat kagum karena cara anda memberi menguraikan, menjelaskan, sangat bagus.

    BalasHapus
  3. Saya pakai hp xiaomi, lock aplikasi gini udah ada bawaanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang gan.. Hp terbaru memang sudah ada fitur applocknya

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel