Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected dengan Mudah

Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data eksternal yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas yang cukup besar yang dihubungkan melalui port USB. Fungsi dari flashdisk  yaitu untuk menyimpan dan memindahkan data, menjalankan aplikasi dan sistem operasi portable (Bootable Flashdisk), dan juga bisa juga dijadikan sebagai senjata mematikan oleh hacker, misalnya digunakan sebagai USB Killer. Baca: Cara Membuat USB Killer V3 Sendiri.

Pada artikel Dansverine.com sebelumnya yang berjudul Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak dan Tidak Terdeteksi saya sudah menjelaskan berbagai penyebab dan permasalah yang banyak dialami oleh pengguna flashdisk saat ini. Salah satunya flashdisk yang terkena Write Protected, disini saya akan menjelaskan secara detail permasalahan dan penyelesaian untuk mengatasi masalah tersebut.

Beberapa masalah yang sering dialami oleh pengguna salah satunya yaitu Flashdisk Write Protected, biasanya peringatan ini muncul saat kita ingin memformat flashdisk namun ada proses yang dilewati. Sehingga flashdisk tersebut akan terkunci yang menyebabkan tidak bisa diformat,tidak bisa menyimpan data, dan juga tidak bisa menghapus data. Hal-hal yang dapat menyebabkan flashdisk write protected antara lain tidak menggunakan Safely Remove Hardware & Eject Media, Terlalu sering asal cabut flashdisk dari PC/Komputer, terkena virus dan lainnya.

Tentunya permasalahan diatas akan sangat mudah diatasi bila kita mengetahui cara untuk mengatasi flashdisk write protected. Kalian bisa menggunakan fitur bawaan windows seperti Command Prompt dan Regedit untuk mengatasi masalah tersebut, ada pula Software khusus untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan USB Write Protect, Fat32 Format Tool GUI dan HDD Low Level Format.

1. Mengatasi Flashdisk Write Protected dengan Fitur Bawaan Windows

1. Command Prompt

  1. Pertama, silahkan colokkan Flashdisk dengan PC/Laptop
  2. Kemudian pilih menu Start Windows, lalu cari Command Prompt melalui Search Box
  3. Lalu buka Command Prompt sebagai Administrator, caranya klik kanan kemudian pilih Run As Administrator.
  4. Masukkan kode perintah “DISKPART” tanpa tanda kutip lalu tekan Enter.
  5. Lalu ketik “LIST DISK”, maka akan keluar beberapa disk yang ada dalam PC kalian.
  6. Pilih Disk 1 untuk memilih Penyimpanan Flashdisk dengan cara “SELECT DISK 1
  7. Selanjutnya ketik “ATTRIBUTES DISK” untuk mengecek kondisi flashdisk, biasanya jika flashdisk terkena write protected, opsi Read-Only akan Yes (Aktif).
  8. Jika sudah, Ketik “ATTRIBUTES DISK CLEAR READONLY”. Lalu ketik kode perintah “CLEAN
  9. Untuk menyetel format flashdisk ketikkan “FORMAT FS=FAT32” atau “FORMAT FS=NTFS” Silahkan sesuaikan format disk apa yang kalian inginkan.
  10. Kemudian setelah proses selesai, ketik EXIT.
2. Registry Editor (Regedit)

Jika menggunakan CMD masih belum berhasil mengatasinya, kalian bisa coba dengan menggunakan Registry Editor (Regedit). Berikut langkah-langkahnya untuk mengatasi flashdisk write protected:
  1. Colokkan flashdisk yang terkena write protected ke PC/Laptop kalian.
  2. Masuk ke Regedit dengan cara tekan shortcut Windows + R lalu ketik Regedit dan tekan tombol Enter.
  3. Pergi ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > StorageDevicePolicies.
  4. Kemudian cari pilihan WriteProtect, klik kanan lalu pilih Modify
  5. Ubah value datanya menjadi 0, lalu pilih OK
  6. Selanjutnya cabut flashdisk, lalu Restart PC kalian
  7. Kemudian format flashdisk tersebut agar kembali seperti semula lagi dan peringatan Write Protected tidak akan muncul lagi.

2. Mengatasi Flashdisk Write Protected dengan Software

Jika kalian sudah mencoba semua cara diatas tapi masih belum ada yang berhasil, jangan panik. Karena kalian bisa gunakan alternatif lainnya dengan menggunakan Software khusus, software ini sebenarnya software untuk memformat data agar lebih mudah dan cepat. Tapi dengan memformat flashdisk menggunakan software ini maka otomatis peringatan Write Protected di flashdisk kalian akan hilang.

1. USB Write Protect (Recommended)

  1. Download software bernama USB Write Protect. Silahkan Download disini (148 KB) DOWNLOAD 1 || DOWNLOAD 2
  2. Masukkan flashdisk ke dalam port USB komputer
  3. Setelah proses download selesai, kalian tidak perlu menginstall aplikasi tersebut. Cukup buka sebagai Administrator dengan cara Klik kana lalu pilih Run As Administrator.
  4. Jika status write protected kalian aktif (Enabled). Maka artinya flashdisk kalian benar-benar terkena Write Protected.
  5. Untuk mengatasinya cukup tekan tombol Disabled untuk menonaktifkan Proteksi Write Protected hingga Status menunjukkan Disabled
  6. Lalu Eject flashdisk dari komputer atau laptop kemudian colokkan lagi ke komputer untuk memastikan apakah mash ada peringatan write protected atau sudah tidak ada? Jika tidak ada kalian masih bisa gunakan cara dibawah.

2. HDD Low Level Format
  1. Pertama, Download dan Install software bernama HDD Low Level Format ukurannya hanya 1.95 MB. Melalui link berikut DOWNLOAD 1 || DOWNLOAD 2
  2. Kemudian setelah diinstall, masuk ke dalam aplikasinya.
  3. Pilih data flashdisk yang akan diformat dengan teliti, jangan sampai yang kalian pilih data Hardisk.
  4. Jika sudah benar, pilih Continue
  5. Pilih tab LOW-LEVEL-FORMAT lalu tekan Format This Device
  6. Tunggu hingga proses selesai. Proses format dalam software ini biasanya cukup memakan waktu yang lama jika dibanding dengan Format biasa.
Itulah cara mengatasi flashdisk yang terkena write protected dengan dan tanpa aplikasi yang bisa kalian coba dengan mudah. Kita bisa membuka flashdisk yang terkunci hanya dengan menggunakan Command Prompt dan Registry Editor. Jika masih belum berhasil kalian bisa menggunakan aplikasi untuk membukannya, aplikasi yang paling saya rekomendasikan yaitu USB Write Protect karena ukuran aplikasi yang sangat kecil dan juga terbukti work. Kurang dari 1 menit kita bisa mengatasi flashdisk yang terkena write protected dengan software ini.

Untuk mencegah terjadinya Write Protected biasakan menggunakan flashdisk sesuai Prosedur kerjanya misalnya meng-Eject USB terlebih dahulu sebelum mencabut dari komputer, rutin membersihkan atau menscan virus, Tidak menyimpan data-data yang tidak dikenal (Virus).

Nah dari beberapa metode diatas, manakah yang menurut kalian paling mudah untuk dicoba? Jawab ya dikolom komentar.

6 Responses to "Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected dengan Mudah"

  1. Saya pernah dua kali kehilangan data di flashdisk gara-gara suka asal cabut kalo abis dipake. Kalo waktu itu sudah tahu cara kayak gini, mungkin... ah sudahlah

    BalasHapus
  2. Bagi saya yang kurang paham, lebih menyukai langkah yang menggunakan USB Write Protect karena lebih sederhana dan mudah dilakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo make USB Write Protect cuma butuh 30 detik udah teratasi gan flashdisknya

      Hapus
  3. Oooh begitu caranya. Saya kira kalau sudah muncul notif begitu artinya flashdisk rusak. Langsung deh saya judge kalau fdnya KW >,<

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel