Cara Membuka HP Android yang Lupa Pola tanpa Factory Reset


Tutorial kali ini Dansverine.com akan membahas tentang cara membuka hp android lupa kata sandi tanpa factory reset. Bagi orang awan, membuka lockscreen android yang terkunci sangat sulit jalan satu-satunya yaitu dengan me-reset data pabrik (Factory Reset). Padahal sebenarnya membuka hp android yang lupa kata sandi sangat mudah tanpa harus factory reset atau merestart ulang data android. Maka dari itu disini saya akan memberikan cara untuk unlock lockscreen yang terkunci dengan mudah.

Penggunaan Lockscreen pada hp android sebenarnya bertujuan untuk mengamankan file yang ada dalam smartphone itu sendiri seperti Foto, Video, Dokumen, Catatan atau Rekaman Suara. Namun terkadang kita sendiri lupa pola/kata sandi yang kita buat tadi dikarenakan pola yang terlalu sulit dan sulit diingat. Tapi kalian tak perlu khawatir karena dengan cara ini, smartphone kalian akan bisa dibuka lagi tanpa ada data yang terhapus sekalipun.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa langsung kalian coba sekarang untuk membuka hp android yang lupa pola tanpa factory reset.

1. Membuka HP yang Lupa Pola dengan Android Device Manager.

Cara pertama yang bisa kalian coba untuk unlock lockscreen yaitu dengan menggunakan Android Device Manager. ADM merupakan sebuah situs milik Google yang terdapat fitur Find My Device, yang memudahkan kita untuk menemukan Android yang hilang. Selain mempermudah menemukan hp android yang hilang, Android Device Manager juga bisa Membuka kunci pola yang lupa. Kalian bisa mengendalikan lewat perangkat lain atau melalui komputer selama hp android tersebut login menggunakan akun google yang sama. Namun jika sistem android masih dibawah 4.0 silahkan gunakan cara yang lain, karena sistem android ini tidak support untuk menggunakan Android Device Manager.


Caranya cukup mudah, pertama silahkan masuk ke situs Android Device Manager, kemudian login menggunakan akun google yang terhubung dengan hp tersebut. Setelah login, akan terdapat 3 pilihan yaitu Deringkan, Kunci, dan Hapus. Silahkan pilih Kunci/Lock, kemudian masukkan kata sandi baru yang akan menggantikan kata sandi lama, lalu klik tombol Lock untuk mengkonfirmasi. Silahkan tunggu beberapa menit maka kata sandi yang lama akan diganti dengan kata sandi baru tadi.


2. Melewati Proteksi Lock Screen Menggunakan Forgot Pattern

Jika cara diatas belum mengatasi masalah lupa password hp android, kalian bisa gunakan fitur forgot pattern untuk membukanya. Jika kalian mengunci smartphone kalian dengan Pattern/Pola kalian bisa coba cara ini. Caranya sangat mudah, Masukkan sembarang pola selama minimal 5 kali, maka akan muncul peringatan “Coba lagi dalam 30 detik”. Disitu terdapat juga tombol Forgot Pattern/Forgot Password, biasanya terletak dibawah layar.


Silahkan pilih Forgot Pattern, disitu tersedia cara untuk membuka pola dengan mudah dengan menggunakan akun google. Bisa juga menggunakan Menjawab Pertanyaan Keamanan ataupun dengan Login menggunakan akun google, kemudian google akan mengirimkan email dengan Kata Kunci untuk membuka pola tersebut.


3. Buka HP Android terkunci dengan Crash Lockscreen atau Bug Lockscreen


Jika kalian mempunyai smartphone yang sudah menjalankan Android 5.0 (Lollipop) tidak ada salahnya bisa coba dengan cara ini, namun jika belum silahkan coba cara yang lain karena bug ini hanya terdapat pada android 5.0 saja.
Pertama-tama silahkan tekan Panggilan Darurat yang muncul dilayar kunci, biasanya terdapat dibagian bawah layar. Lalu akan muncul menu panggilan, Masukkan sebanyak-banyaknya tanda bintang (*) sampai pada batas agar tidak bisa memasukkannya lagi, atau bisa menggunakan fitur Copy Paste dengan cara, Masukkan 10 tanda Bintang (*) lalu Salin dengan cara ketuk dua kali untuk memilih teks yang kalian masukkan lalu pilih Copy/salin. Kemudian pastekan salinan tadi, Ulangi proses copy paste ini sampai pada batasnya.


Selanjutnya kembali ke menu layar kunci kemudian buka shortcut kamera. Lalu buka jendela notifikasi lalu pilih Settings, disitu kalian diminta memasukkan password. Pastekkan teks bintang tadi. Kemudian ulangi proses ini hingga lockscreen kalian terbuka.


Jadi kesimpulannya, kalian bisa dengan mudah membobol lockscreen dengan memasukkan karakter sebanyak-banyaknya lalu menggunakan shortcut kamera yang akan menyebabkan sistem android tidak merespon (Crash) karena terlalu banyak perintah. Jadi kalian bisa dengan mudah memanfaatkan bug ini untuk membuka lockscreen tanpa harus factory reset.

4. Unlock Lockscreen dengan Android Debug Bridge (ADB)


Cara berikutnya yang bisa kalian coba untuk membuka lupa pola tanpa factory reset yaitu dengan menggunakan CMD. Namun sebelumnya smartphone kalian harus sudah diaktifkan fitur USB Debuggingnya dan juga sudah pernah terhubung dengan komputer melalui ADB.
Sambungkan smartphone kalian dengan PC/Komputer menggunakan kabel data, lalu buka Command Prompt di direktori instalasi ADB. Sialhkan ketikan kode perintah "adb shell rm/data/system/gesture.key" kemudian tekan Enter.

Selanjutnya, Reboot hp android kalian maka seharusnya kalian tidak akan menemukan menu layar kunci lagi. Kemudian tetapkan kata sandi baru lagi yang mudah kalian ingat karena jika tidak memasukkan kata sandi yang baru maka hp android kalian akan terkunci lagi.

5. Lakukan Factory Reset untuk Membuka HP Android yang Terkunci


Jika semua cara diatas belum mengatasi cara membuka hp yang lupa kata sandi. Jalan terakhir untuk mengatasinya yaitu dengan Factory Reset. Karena cara yang paling ampuh untuk membuka hp android yang terkunci adalah Factory Reset.  Jika kalian memilih cara ini maka kalian harus merelakan data-data yang ada dalam hp android kalian.

Caranya cukup mudah, Masuk ke Recovery Mode, dengan cara restart hp android kalian kemudian ketika proses booting berjalan (Setelah layar hitam pergi), tekan tombol Power dan tahan volume bawah secara bersamaan. Tapi tidak semua hp menggunakan langkah begitu tergantung pada jenis dan merk hp kalian, kalian bisa browsing untuk cara masuk Recovery Modenya.

Setelah masuk Recovery Mode, pilih Wipe Data/Factory Reset. Ketika proses sudah selesai silahkan pilih Reboot system now maka hp android kalian akan seperti baru lagi tanpa ada menu layar kunci.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membuka hp android yang lupa password tanpa factory reset. Perlu kalian ketahui, tidak semua jenis atau merk mendukung dengan cara diatas. Namun jika kalian tidak ingin kehilangan data-data saat lupa kata sandi sering-seringlah mem-backup data agar semua data aman namun jika sudah terlanjur serahkan kepada yang maha kuasa.


Artikel Terkait

2 Responses to "Cara Membuka HP Android yang Lupa Pola tanpa Factory Reset"

  1. Lupa pola lockscreen emang bikin pusing. Tapi kalo sudah tahu cara bukanya seperti yang diulas diatas jadi tenang. Hemat uang g perlu repot pergi ke konter. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali gan.. kita ga perlu minta bantuan orang lain, selama kita masih bisa coba cara lain

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel