Cara Mengecek Kondisi Hardisk dengan Mudah


Hardisk merupakan komponen yang berguna untuk menyimpan data dalam komputer dan merupakan perangkat keras atau hardware. Bentuk hardisk biasanya berbentuk kotak yang dan ditengahnya terdapat piringan yang berfungsi untuk menyimpan semua data. Semua data didalam hardisk tidak akan hilang  dan bersifat permanen kecuali kita menghapusnya atau memformat hardisk tersebut.

Tanda-tanda kondisi hardisk yang rusak biasanya kinerja komputer yang lambat. Jika kita mengalami masalah saat membuka aplikasi namun sering Not Responding kalian wajib memeriksa kondisi hardisk apakah rusak atau tidak.  Tanda-tanda yang lain hardisk yang bermasalah adalam tidak bisa diformat, komputer sering mati sendiri, tidak bisa copy paste data, tidak bisa mengatur partisi hardisk dan masih banyak lagi yang bertentangan dengan kinerja komputer. Maka dari itu kita perlu mengecek kondisi hardisk minimal dua bulan sekali.

Jika kalian sudah mengalami masalah seperti aplikasi sering not responding, tidak bisa mentransfer data, tidak bisa diformat dan kinerja komputer lambat atau lemot sebaiknya segera memeriksa dan memperbaiki masalah tersebut jangan biarkan kondisi hardisk yang sedang bermasalah dijalankan terus menerus pada pc atau komputer kalian. Tidak menutup kemungkinan komponen yang ada dalam komputer atau laptop juga terkena masalah tersebut.

Tanpa adanya hardisk, mungkin komputer kalian tidak bisa dioperasikan. Maka dari itu kita perlu merawat dan memeriksa apakah hardisk kita masih dalam kondisi sehat atau tidak. Sangat disarankan untuk selalu memeriksa kondisi hardisk yang kita gunakan karena seandainya hardisk rusak, data kita yang tersimpan dilaptop atau komputer semuanya akan hilang.  Selain data yang hilang, pc/komputer kita juga tidak bisa dijalankan tanpa adanya hardisk. Untuk memastikan bahwa hardisk yang kalian gunakan sehat, kalian bisa gunakan cara mengecek kondisi hardisk dengan mudah ini lewat cmd maupun lewat software.

Berikut ini cara untuk mengecek kondisi hardisk yang bisa kalian coba menggunakan cmd maupun aplikasi pihak ketiga. Jika masih belum puas menggunakan aplikasi bawaan kalian bisa menggunakan software Acronis Drive Monitor atau CrystalDiskInfo.

1. Cara Mengecek Kondisi Hardisk dengan CMD


Ternyata cara cek kondisi hardisk cukup mudah karena bisa menggunakan software bawaan windows, kita bisa gunakan cmd untuk mengeceknya apakah hardisk masih bagus atau sudah rusak. Namun cara ini hanya untuk sekedar mengeceknya untuk melihat selengkapnya kita bisa gunakan cara kedua dan ketiga yaitu menggunakan software Acronis Drive Monitor atau CrystalDiskInfo.

1.    Buka CMD, melalui klik tombol start kemudian pada kolom pencarian ketikan "CMD"
2.    Kemudian pilih Command Prompt
3.    Lalu pada menu cmd,silahkan ketik kode perintah wmic diskdrive get status lalu tekan Enter.
4.    Jika kondisi hardisk kalian sehat atau tidak bermasalah maka akan tampil status OK. Sebaliknya jika muncul bukan status OK maka itu tanda bahwa hardisk kalian bermasalah. Maka Sebaiknya segera lakukan backuo data untuk menyimpan data-data yang ada dalam pc/komputer kalian.

Selain untuk mengecek status hardisk, dengan menggunakan command prompt kita uga bisa memperbaiki Bad Sector pada hardisk. Bad Sector adalah suatu tanda peringatan yang menyatakan bahwa ada suatu perangkat keras (Sektor) di bagian hardisk yang mengalami kerusakan. Penyebab Bad Sector ada 2 yaitu Bad Sector software dan Bad Sector fisik atau Hardware. Jika kita mengalami bad sector secara software kita bisa memperbaikinya dengan cara ini, namun jika terkena bad sector fisik kita perlu keahlian khusus untuk memperbaikinya.

Untuk memperbaiki bad sector hardisk dengan cmd sangat mudah. Berikut tahapan untuk memperbakinya:

1.    Klik menu Start kemudian cari "CMD" tanpa tanda kutip pada kolom pencarian
2.    Kemudian pilih Command Prompt
3.    Lalu ketik kode perintah chkdsk /r /f /e: lalu tekan Enter.
4.    Kemudian tunggu hingga proses selesai. Ini bisa memakan waktu yang cukup lama tergantung seberapa banyak data yang kalian simpan dikomputer
5.    Kode /r digunakan untuk memindahkan kondisi bad sector hardisk
6.    Kode /f berguna utnuk memperbaiki semua bad sector yang ditemukan
7.    Kode e: merupakan kode untuk menampilkan partisi hardisk mana yang akan diperbaiki atau proses penentuan partisi hardisk.

Jika masih belum berhasil menggunakan cara diatas kalian bisa coba dengan menggunakan software untuk mengetahui kondisi hardisk yaitu Acronis Drive Monitor.

2. Menggunakan Acronis Drive Monitor

Acronis Drive Monitor adalah software yang membantu memberitahukan tentang masalah atau kondisi hardisk sehingga pengguna bisa segera menangani masalah tersebut sehingga pengguna tidak kehilangan data.
  1. Langkah pertama untuk mengecek hardisk dengan mudah yaitu dengan mendownload dan meng-install aplikasi Acronis Drive Monitor. Kalian bisa mendownload secara gratis disini DOWNLOAD 1 || DOWNLOAD 2
  2. Install software tersebut seperti biasa, setujui semua yang dibutuhkan oleh software tersebut
  3. Lalu buka aplikasi Acronis Drive Monitor lalu pada menu, pilih Disks
  4. Jika kesehatan hardisk menunjukan 100% artinya hardisk kalian baik-baik saja. Namun jika menunjuka 70% kebawah dengan warna kuning bisa jadi hardisk kalian mengalami masalah atau kerusakan
  5. Peringatan hardisk bermasalah juga akan muncul pada Taskbar, lalu memberitahu bahwa ada yang tidak beres dengan hardisk kalian.
Selain merawat hardware, cara yang bisa kalian lakukan agar pc/laptop kalian tetap dalam kondisi yang baik. Kalian juga harus mengupdate driver-driver yang ada dalam pc/laptop kalian, karena bisa saja sistem operasi kalian akan mengalami masalah jika tidak mengupdate driver. Apalagi driver yang jarang digunakan seperti driver printer. Nah kalian bisa download driver epson L385 melalui link tersebut.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengecek kondisi hardisk. Kita perlu mengeceknya minimal 2 bulan sekali karena memang hardisk merupakan komponen yang sangat penting dalam komputer. Selain mencegah kerusakan hardisk dengan cara ini kalian juga bisa memperbaiki hardisk bad sector. Kerusakan hardisk biasanya disebabkan saat kita memformat hardisk atau mengcopy data tidak dengan prosedur kerja, maka dari itu gunakan hardisk dengan baik dan hati-hati. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim pertanyaan lewat kolom komentar dibawah.

1 Response to "Cara Mengecek Kondisi Hardisk dengan Mudah"

  1. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT!
    cobain open source project rancangan ane mas bro >

    IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

    (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

    => Tersedia Reward menarik untuk yang ingin sedikit berkontribusi

    #SalamSatuTeknologi

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel