Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak dan Tidak Terdeteksi


Peran Flashdisk saat ini sangat penting, selain sebagai media penyimpanan flashdisk juga bisa kita jadikan sebagai Bootable OS atau bisa digunakan sebagai media instalasi sistem operasi (OS). Namun terkadang kita punya masalah saat menggunakannya,nah daripada bingung begini cara mudah memperbaiki flashdisk yang rusak seperti flashdisk tidak bisa terbaca, flashdisk error, flashdisk write protected, dan file flashdisk corrupt. Kalian tak perlu membeli Flashdisk yang baru, cukup ikuti cara-cara berikut maka flashdisk kalian akan normal seperti semula.

Melakukan Safely Remove Hardware, write protected, terkena virus, terlalu sering memindahkan data, Itulah hal yang menyebabkan flashdisk rusak dan tidak bisa digunakan. Berikut cara memperbaiki flashdisk rusak, kita mulai dengan cara yang mudah terlebih dahulu hingga cara yang rumit yang bisa kalian lakukan.


Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak dan Tidak Terbaca/Tak Terdeteksi



1. INSTALL ULANG DRIVERS


Hal pertama yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki flashdisk yang rusak yaitu dengan cara melakukan install ulang pada driver USB. Untuk caranya kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan Flashdisk sudah terhubung dengan PC/Laptop, baik itu terbaca maupun tidak terbaca. Selanjutnya buka Control Panel lalu pilih Hardware and Sound
  2. Selanjutnya kamu bisa membuka Device Manager dan cari Universal Serial Bus 
  3. Selanjutnya pada opsi Devices and Printers, pilih Device Manager lalu Pilih Universal Serial Bus (Paling Bawah).
  4. Pada menu dropdown dan cari USB Mass Storage Device.
  5. Kemudian klik kanan lalu pilih Uninstall. Kalian bisa mencabut dan mencolokkan kembali flashdisk yang rusak dan lebih disarankan untuk me-restart laptop atau komputer yang kalian gunakan.

2. FORMAT FLASHDISK


 
Cara yang kedua untuk memperbaiki flashdisk yang tidak bisa dihapus yaitu dengan cara memformat semua data flashdisk. Jadi semua data yang ada dalam flashdisk akan hilang, maka sebaiknya backup terlebh dahulu file-file yang ada dalam flashdisk. Berikut cara memperbaiki flashdisk yang error:

  1. Masuk ke Menu Start, kemudian ketik COMPMGMT.MSC lalu tekan Enter.
  2. Setelah mengetikkan COMPMGMT.MSC maka akan keluar Jendela Program Computer Management.
  3. Kemudian pilih menu Storage lalu selanjutnya pilih menu Disk Management.
  4. Langkah selanjutnya yaitu memformat Flashdisk, yaitu dengan cara klik kanan pada Partisi Flashdisk, biasanya bernama (G:). Kemudian pilih Format, kemudian ganti file Systemnya menjadi NTFS atau FAT32.
  5. Apabila kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar dan tidak ada satupun yang terlewat, biasanya flashdisk kalian sudah bisa terdeteksi oleh komputer lagi.Apabila belum berhasil, kalian bisa ikuti cara perbaiki flashdisk write protected dibawah dan pastikan ikuti langkahnya dengan benar.

3. MEMPERBAIKI FLASHDISK WRITE PROTECTED

Selain flashdisk yang tidak terbaca, pasti kalian pernah mengalami masalah flashdisk yang error seperti flashdisk terkena write protected. Biasanya flashdisk yang baru saja kena format mengalami masalah ini.

Padahal flashdisk sedang sangat dibutuhkan namun bisa saja kalian menemukan masalah ini. Makadari itu sebaiknya cegah dan atasi flashdisk yang terkena write protected dengan membaca postingan Dansverine sebelumnya yaitu tentang cara mengatasi flashdisk write protected.

4. MEMPERBAIKI FLASHDISK ERROR DENGAN SOFTWARE HDD Low Level Format


Cara mudah untuk perbaiki flashdisk yang rusak dan tidak terbaca yaitu dengan menggunakan software HDD Low Level Format. Jika memang dengan semua cara diatas belum kalian wajib mencoba cara ini terlebih dahulu namun jika flashdisk mengalami kerusakan fisik, cara ini memang tidak akan berhasil. Jadi sebaiknya jika flashdisk mengalami kerusakan fisik lebih baik membeli yang baru lagi.

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak menggunakan tools HDD Low Level Format ini
Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.    Tancapkan flashdisk di komputer atau laptop
2.    Colokkan flashdisk kedalam pc/laptop kalian.
3.    Selanjutnya download software bernama HDDGuru Low Level Format. Kalian bisa download disini: DOWNLOAD 1 || DOWNLOAD 2
4.    Setelah mendownload, silahkan install aplikasi tersebut kemudian buka dengan Run As Administrator.
5.    Pilih USB, kemudian klik opsi Continue
6.    Kemudian ikuti seperti gambar diatas.
7.    Setelah proses cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini selesai, kamu bisa melakukan format ulang flashdisk dengan cara format seperti biasanya.
8.    Tunggu hingga proses perbaikan flashdisk yang rusak ini selesai.
9.    Setelah selesai, kalian bisa melakukan format ulang flashdisk seperti biasa atau bisa menggunakan cara nomor 2 yaitu dengan menggunakan COMPMGMT.MSC

Dari keempat cara diatas mengenai cara memperbaiki flashdisk yang rusak dan tidak terbaca mulai dari Install Ulang Driver, Mem-format Flashdisk, Perbaiki Flashdisk Write Protected, dan terakhir dengan menggunakan software HDD Low Level Format, sebenarnya cara paling mudah yaitu dengan menggunakan software karena disitu akan terlihat kerusakan mana flashdisk yang kalian alami. Tapi apa salahnya mencoba alternatif lainnya? Kerusakan flashdisk bukan hanya terkena virus saja, namun bisa saja terkena write protected ataupun yang paling parah yaitu kerusakan fisik seperti kerusakan Port USB atau pun yang lainnya.

Kerusakan kerusakan flashdisk diatas bisa saja disebabkan oleh perlakuan kalian dalam menggunakannya, jadi sebaiknya gunakan flashdisk dengan baik, sesuai prosedur dan tidak asal-asalan dalam menggunakannya seperti asal cabut saat masih tertancap diport USB sebelum dieject. Ikutilah safety remove setiap kalian mencabut flashdisk dari pc/laptop agar tidak mengalami lagi masalah-masalah seperti flashdisk tidak terbaca atau flashdisk terkena write protected.  Nah itulah ulasan mengenai cara memperbaiki flashdisk yang rusak dan error yang diharapkan dapat membantu kalian.

0 Response to "Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak dan Tidak Terdeteksi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel