Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengubah Nama dan Ekstensi File Sekaligus Banyak Pada Windows

Kali ini saya akan membagikan tutorial cara untuk mengubah nama file dan ekstensi sekaligus pada windows. Jika kalian ingin merapikan nama-nama file yang ada pada PC kalian pasti harus memberi nama file satu-persatu, apalagi jika jumlah file yang akan kalian ganti namanya terlalu banyak pastinya hanya akan membuang waktu saja. Padahal sistem operasi Windows sudah memiliki cara untuk mengubah nama file sekaligus loh. Yang dapat memudahkan penggunanya namun masih banyak orang yang belum mengerti.

Kalian bisa gunakan Windows Explorer untuk mengubah nama file dalam jumlah banyak dan Menggunakan Command Prompt untuk mengubah Ekstensi File sekaligus dalam satu folder. Kedua fungsi tersebut memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Tapi tenang saja, saya akan menjelaskan cara untuk mengubah nama file dan ekstensi sekaligus secara mendetail dengan menggunakan OS Windows 7. Sebaiknya sebelum melakukan langkah-langkah dibawah, pastikan kalian menaruh file yang akan diubah nama dan ekstensinya dalam folder yang sama.

1. Cara Mengubah Nama File Sekaligus Banyak

Menggunakan Windows Explorer
Menggunakan windows explorer merupakan cara yang paling mudah dan paling cepat untuk merubah nama file sekaligus karena kita hanya perlu menggunakan fungsi rename saja.

Kalian bisa mulai menggunakan cara ini dengan membuka Windows Explorer terlebih dahulu dengan cara klik kana pada Logo Windows lalu pilih Open Windows Explorer, Kemudian buka folder yang terdapat file yang akan kalian ubah namanya.

Langkah selanjutnya, Pilih semua file tersebut dengan cara mem-blok semua file dari atas sampai bawah atau bisa menggunakan shortcut CTRL + A.


Jika semua file yang akan kalian ubah namanya sudah ter-select, klik kanan kemudian pilih Rename atau bisa menggunakan tombol F2 untuk melakukan rename secara singkat. 

Kemudian namai file lalu tekan tombol Enter. Maka hasilnya seluruh file yang ter-select tadi akan otomatis berubah seperti nama file yang sudah kalian ganti sebelumnya namun dengan urutan nomor pada nama belakangnya.


2.    Cara Mengubah Ekstensi File Banyak Sekaligus 

Menggunakan Command Prompt
Dengan menggunakan Command Prompt atau bisa disingkat dengan cmd, kalian bisa mengubah ekstensi file banyak tanpa harus menggunakan software convert ekstensi tambahan. Cmd menggnakan perintah rename atau ren untuk mengubah ekstensi file banyak sekaligus. Selain bisa mengganti tipe file, Command Prompt juga bisa  kita gunakan untuk mengubah nama file banyak.

Kunjungi juga toko bunga kendal, menyediakan berbagai macam karangan bunga seperti Handbouqet atau bunga tangan, bunga papan atau stek werk, Standing flowers, bunga vas / bunga meja, krans duka cita dan flower box yang memiliki kualitas terbaik.

Buka Windows Explorer pada taskbar lalu klik kanan pada folder yang berisi file yang akan kalian ubah ekstensi sambil menekan tombol Shift lalu pilih Open Command Windows Here.


Maka akan muncul tampilan cmd. Untuk mengconvert tipe file kalian tinggal menuliskan perintah “ren *.(Tipe file Awal) *.(Tipe file yang akan kalian ubah). Sebagai contoh disini saya ingin mengubah file dengan ekstensi .JPG menjadi Ekstensi .MP3 maka saya akan ketikkan "ren *.JPG *.MP3"


Berikut adalah contoh hasilnya.



Cukup mudah bukan? Kita tidak perlu repot-repot meng-install software convert tipe file tapi hanya menggunakan aplikasi bawaan dari windows yang mempermudah pekerjaan dan tentunya lebih efektif dan efesien.

Nah itulah tentang cara merubah nama file dan ekstensi file banyak sekaligus pada Windows. Manakah cara yang sering kalian pakai untuk merubah nama file? Apakah punya cara lain? Jika punya kalian boleh membagikan tips pada komentar dibawah ini dan untuk yang belum paham silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah ini.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Nama dan Ekstensi File Sekaligus Banyak Pada Windows"