Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh


Mungkin kalian heran, Memori internal di smartphone cepat penuh padahal kapasitasnya besar sekitar 16gb dan 32 gb. Bagi kalian yang masih awan pasti akan menganggap ada yang salah dengan penyimpanan smartphone kalian. Ini memang bukan masalah yang serius tapi kita perlu untuk mencegahnya.

Memori internal di smartphone andoid terbagi menjadi 2, yaitu untuk penyimpanan sistem dan untuk penyimpanan data lainnya. Nah, yang sering muncul dinotifikasi smartphone kita adalah memori internal untuk penyimpanan sistem.

Memori penyimpanan sistem cepat penuh dikarenakan terlalu banyak menyimpan cache dan database aplikasi yang terinstall di smartphone dan juga file-file lainnya seperti video,gambar dan musik yang tersimpan di memori internal sistem.

Maka dari itu kita harus melakukan pencegahan agar memori internal tidak cepat penuh. Simak beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk Mencegah memori internal agar tidak cepat penuh. 

1. Gunakan Aplikasi Junk Cleaner

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Cache dan file-file sistem dari aplikasi yang terinstall itu yang menyebabkan memori internal kalian penuh. Dan kadang masih banyak file-file yang sudah tidak digunakan namun masih tersimpan di memori dan ini perlu dihapus agar memori tidak cepat penuh.

Cara menghapus file-file sampah dan cache dengan menggunakan aplikasi untuk menghapus junk files, Seperti Clean Master, Cache Cleaner, Avast Cleanup & Boost. Atau bisa gunakan aplikasi bawaan smartphone untuk menghapus file-file sampah yang tersimpan di memori.

2. Matikan Media Auto-Download di WhatsApp

Jika kalian menggunakan WhatsApp sebaiknya coba matikan fitur Auto Download pada pengaturan WhatsApp. Caranya sebagai berikut:

Menu Setelan (Settings) > Penggunaan data dan Penyimpanan (Data Usage) > pilih Saat menggunakan data seluler (When using mobile data), uncheck semua > pilih Saat tersambung ke Wi-Fi (When connected on Wi-Fi), ucheck semua > pilih Saat Roaming (When Roaming), uncheck semua.

Dengan mematikan fitur Auto-Download pada WhatsApp semua media (Gambar,video,suara) yang diterima, tidak akan langsung terunduh. Sehingga kalian bisa mengunduhnya sendiri (Manual). Jika otomatis terunduh maka semua media (Video,Gambar,Suara) yang diterima akan secara otomatis tersimpan di memori internal yang menyebabkan cepat penuh. Jadi sebaiknya, unduh media secara manual saja yang menurut kalian penting.


3. Matikan Fitur Save Original Photos di Instagram

Jika kalian menggunakan Instagram pasti foto yang kalian unggah akan tersimpan lagi di memori internal. Namun, masih banyak orang yang tidak memperhatikan soal ini. Sehingga foto-foto yang kalian unggah akan secara otomatis tersimpan di memori lagi. Padahal foto yang kalian unggah sudah ada di memori internal, jadi ini adalah pemborosan penggunaan memori!.

Oleh karena itu ini merupakan solusi yang tepat agar memori internal tidak cepat penuh yaitu dengan cara mematikan fiturSave Original Photos pada pengaturan Instagram. Dengan cara :

Menu Pengaturan (Options) > Save Original Photos > lalu pilih Off untuk mematikan fitur tersebut.

4. Gunakan Memori Eksternal

Simpanlah file-file pribadi kalian seperti foto,video,dokumen,musik di memori eksternal. Jadikan memori internal smartphone untuk file-file aplikasi dan file sistem saja, jangan gunakan untuk menyimpan file-file yang berukuran besar. Karena salah satu penyebab smartphone android lemot adalah Memori internal yang terlalu banyak menyimpan data.

5. Gunakan Layanan Cloud (Penyimpanan Online)

Gunakan layanan Cloud untuk menyimpan file-file yang jarang dibuka namun sangat penting dikemudian hari seperti Hasil Scan Ijazah, KTP, KK, atau surat-suat penting lainnya. Layanan Cloud yang banyak digunakan adalah Google Drive, DropBox, MediaFire,UserCloud,Dll. Ini merupakan cara yang efektif untuk mencegah memori internal agar tidak penuh.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengatasi memori internal agar tidak penuh. Mulai sekarang kalian bisa lakukan cara diatas agar performa smartphone kalian tidak lemot. Intinya simpanlah file-file yang penting buat kalian, jangan terlalu menginstall aplikasi yang menyita banyak memori dan gunakan lah memori eksternal untuk menyimpan file-file pribadi.

Artikel Terkait

0 Response to "Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel