Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Dicharger

Setiap hari smartphone pasti terus digunakan untuk kebutuhan pokok seperti chatting,kerja dan pasti ngga ketinggalan buat main game yang dapat dipastikan akan mempercepat habisnya baterai penggunaan. Bahkan smartphone kalian dibekali baterai dengan daya besar sekalipun,pasti pernah mengalami kehabisan baterai.
Masalah yang biasa dialami para pengguna smartphone android yaitu smartphone yang tidak bisa di charger, meski sudah diganti charger tetep tidak bisa. Tapi tenang, saya punya solusi untuk mengatasi smarphone yang tidak bisa dicharger. Berikut solusi untuk mengatasi hp android yang tidak bisa dicas:

1. Restart Smartphone


Melakukan restart  merupakan langkah pertama yang harus kalian coba sebelum melanjutkan kelangkah selanjutnya, cara ini juga sangat efektif untuk membersihkan cache yang sudah lama menumpuk di RAM android kalian. Karena bisa saja Hp kalian tidak bisa dicharger karena cache yang terlalu banyak dan menumpuk di RAM.

2. Kalibrasi Baterai


Setelah kalian coba cara pertama namun masih tetep tidak bisa. Mungkin kalian mengalami masalah ini saat kita me-restart android tapi baterai bertambah setelah restart, berarti baterai meter android kalian yang error, untuk mengatasinya kalian bisa baca tutorialnya kalibrasi baterai.

Dengan melakukan kalibrasi baterai, Maka kalian akan menstimulasi atau merefresh baterai agar kembali ke pengaturan awal selain merefresh, melakukan kalibrasi baterai juga akan me-reset baterai meter smartphone yang error.

3. Cek Adapter Charger


Jika kalian menggunakan charger yang bukan bawaan smartphone pasti kalian pernah mengalami masalah baterai tidak bisa di charger. Solusinya, gunakan charger smartphone yang original atau bawaan pabrik smarphone. Jika masih tidak bisa, coba ganti charger dengan ampere yang lebih besar.


4. Cek Port USB di Smartphone

Port USB yang kotor karena banyak debu yang menumpuk atau port USB yang longgar bisa saja jadi penyebab Hp android tidak bisa diisi ulang baterai. Cara mengatasinya, coba bersihkan port USB smartphone dengan cara di tiup atau bisa gunakan cotton bat dan kalian juga bisa mendorongnya dengan tusuk gigi untuk memperbaiki posisi post USB ke semula jika post USB kalian longgar.

5. Sumber Daya

Pastikan sumber daya yang digunakan untuk mengisi baterai smartphone kalian mencukupi. Karena jika sumber daya untuk mengisi baterai hp android kalian lebih rendah daripada spesifikasi di adapter charger kalian, wajar jika smartphone tidak bisa dicas.
Selain smartphone tidak bisa dicas,  mengisi ulang hp dengan sumber daya yang rendah juga dapat membuat baterai smartphone kalian cepat rusak. Jadi tidak sarankan keseringan mengisi ulang baterai lewat laptop maupun komputer.


6. Gunakan Dekstop Charger


Jika memang chargernya yang bermasalah maka solusinya dengan membeli desktop charger. Desktop Charger ini bisa kalian gunakan sebagai alternatif charger bawaan smartphone removable atau smartphone yang baterainya bisa dilepas, jika kalian menggunakan smartphone yang non-removable mungkin sudah saatnya kalian harus beli smartphone yang baru.

Saya berharap semoga beberapa tips diatas dapat mengatasi masalah pada smartphone android kalian sehingga bisa di charger kembali. Jika masih belum menemukan solusinya maka lebih baik ganti baterai yang baru atau ganti smartphone kalian bila perlu. Nah sekian postingan tentang cara mengatasi smartphone tidak bisa dicharger semoga bermanfaat

2 Responses to "Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Dicharger"

  1. ane ada saran nih gan, coba check software juga siapa tau ada virus yang bikin hp gak bisa di charge

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap gan masukannya.. insya allah ntar diupdate artikelnya

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel