Penyebab Game Android Sering Keluar Sendiri


Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan penyebab aplikasi android keluar sendiri. Aplikasi Game smartphone berbeda dengan aplikasi android seperti Sosial Media, Editor, dan Browser, karena game pada android membutuhkan lebih banyak memori dan membutuhkan RAM lebih sehingga dapat dipastikan penyebab mengenai game android yang keluar sendiri itu lebih banyak dibanding aplikasi lainnya. Dan seperti apa Penyebab Game android keluar sendiri (Force Close). Berikut penyebabnya:

1. Cache Terlalu Menumpuk
Setiap kali kalian menjalankan aplikasi android, seperti game atau aplikasi lainnya pasti akan meninggalkan file cache di memori. Dan jika kalian tidak mengahapus file cache maka file cache akan terus menumpuk yang mengakibatkan aplikasi android atau game android akan keluar sendiri. Aplikasi Sosmed seperti BBM,Whatsapp,Facebook juga akan error jika kalian tidak pernah membersihkan file cache di memori.

2. Koneksi Internet Lemot/Terputus

Pada saat kita memainkan game online di smartphone dan koneksi internet kalian lemot pasti rasanya sangat lag/berat dan jika sudah terasa sangat lag maka game akan keluar dan berhenti dengan sendirinya, beberapa game online terkadang keluar dengan sendirinya jika koneksi hilang/terputus

3. Game Masih Tahap Uji Coba (Beta)

Selain koneksi internet yang lemot, Game yang masih dalam tahap uji coba bisa saja mengalami error karena masih banyak terjadi kesalahan dan bugs pada game tersebut. Jadi mungkin saja game yang force close sendiri bukan karena smartphone android kalian, tetapi karena memang aplikasi game itu sendiri yang sedang mengalami errror. Versi Beta juga terkadang masih banyak bugs dan error pada filenya

4. Perangkat Tidak Kompatible

Selain smartphone yang diroot mempengaruhi tentang force close,  Spesifikasi smartphone kalian juga memperngaruhi karena perangkat yang kurang canggih dengan kualitas hardware yang kurang mumpuni atau sudah jadul. Bukan hanya perangkat yang harus kita perhatikan namun software juga harus kita perhatikan. Jadi tidak semua game bisa dimainkan pada perangkat android spesifikasi rendah dan jadul.

5. Smartphone Telah Di Root

Kelebihan Root adalah dapat melakukan apapun pada smartphone kita sesuka hati. Dengan Root, Game yang sebelumnya tidak bisa dimainkan diperangkat kalian, maka nantinya dapat kalian mainkan. Aplikasi yang tidak compatible dengan perangkat android, akan bisa compatible jika kita menggunakan root pada smartphone kita. Tapi resiko dari Root sangat besar ,Jadi jika game yang kalian keluar sendiri jangan heran karena memang sudah melakukan root pada smartphone kalian.

6. OS Android Sudah Kuno/Jadul

Jika smartphone android kalian masih memakai OS Android Jadul (versi 2.3 kebawah) Selain game yang dimainkan terasa berat/lag, Memainkan game pada os android jadul juga akan menjadikan game keluar sendiri. Lebih baik sebelum kalian menginstall game pada smartphone kalia, baca terlebih dahulu detail game tersebut seperti Minimun system requirements dan recommended system requirements agar kalian lebih memahami detail game tersebut .
      7. Memori RAM Terlalu Penuh

      RAM android yang sudah penuh dapat membuat game tiba-tiba force close dengan sendirinya, bukan hanya game saja tetapi aplikasi lainnya juga berlaku.
      Terlebih lagi jika kalian membuka keduanya sekaligus yang akan membuat RAM lebih banyak mengelola data. Namun jika smartphone kalian memiliki kapasitas yang cukup besar, itu tidaklah masalah. Tapi jika smartphone android kalian memiliki kapasitas yang kecil itu merupakan masalah yang mengakibatkan aplikasi keluar dengan sendirinya.

      8. RAM Tidak Mencukupi

      RAM yang tidak cukup berbeda dengan RAM yang sudah penuh. RAM yang tidak cukup itu memang sudah tidak mencukupi untuk menjalakan game tersebut. Meskipun kalian menutup semua aplikasi, tetap saja game tersebut tidak bisa dimainkan karena game tersebut membutuhkan kapasitas RAM yang lebih besar daripada kapasitas RAM Android kalian. Nah jadi jika kalian memiliki android yang memiliki RAM 521MB sedangkan game yang kalian mainkan membutuhkan RAM dengan kapasitas RAM diatas 1GB. Maka yang terjadi adalah game tidak bisa dimainkan.

      9. Smartphone Terlalu Panas (Over Heat)

      Smartphone yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan hardware jika kita tidak memperhatikannya. Jadi wajar saja jika aplikasi tiba-tiba keluar sendiri, bahkan selain force close sendiri smartphone yang terlalu panas juga dapat mengakibatkan smartphone kalian restart/mati dengan sendirinya.

      10. File Aplikasi Hilang/Rusak

      Jika pada saat proses download aplikasi kalian mengalami masalah pasti ada beberapa file aplikasi yang hilang atau error yang dapat mengakibatkan aplikasi tidak berjalan lancar.
      Selain proses download yang mengalami masalah, kalian yang tidak pernah melakukan update pada game, tidak pernah melakukan scanning virus, dan tidak pernah menghapus cache android juga dapat mengalami game keluar dengan sendirinya.

      Itulah penyebab game keluar dengan sendirinya (force close), sebelum menginstall sebuah aplikasi sebaiknya kita harus memperhatikan spesifikasi smarphone kita terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah seperti ini Dan jika kalian ingin bertanya silahkan gunakan kata-kata yang sopan dikolom komentar. Nah sekian semoga bermanfaat!

      2 Responses to "Penyebab Game Android Sering Keluar Sendiri"

      1. hmm... gw baru tau penyebabnya mungkin karena ramnya kecil soal nya hp gw ram cuma segiga doank

        BalasHapus
        Balasan
        1. Iya gan selain RAM yang sudah penuh, RAM kecil pun juga ngaruh

          Hapus

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel