Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Panduan Bermain Dota 2





Siapa sih yang gak kenal dengan permainan MOBA (Multiplayer Battle Online Arena) yang satu ini lagi happening banget sekarang. Nah bagi yang belum kenal atau baru main DotA atau game Defense of the Ancients, gw saranin baca postingan ini, dijamin gak bakal nyesel yang pasti bakal ngebantu dalam bermain DotA pastinya.

Pilih Hero Favoritmu


Nah itu semua adalah hero hero di game yang kamu mainkan yaitu DotA 2. Setiap Hero di dota memiliki kelebihan dan kekurangannya masing- masing, gak ada yang lebih jago, so diinget ya guys. Nah dari hero itu pasti adalah hero yang langsung membuat kita merasa keren banget nih hero (favorit)  nah pilihlah hero yang bener bener kamu suka, kalau gw sih Bloodseeker selain Skill Ultinya yg ngeselin banget dia juga punya skill passive yg bikin larinya tambah kenceng.
Gw saranin milih satu hero aja biar kita lebih punya banyak waktu latihan untuk hero tersebut. tapi kalau kamu pengen coba hero lain, ga masalah kok.

Kenali Role dan Atribut Hero Kamu
Description: Tips- Tips dan Panduan Bermain DotA 2 Untuk Pemula dan Awam
Role atau bisa disebut dengan peran hero merupakan tugas utama hero- hero di dota. Nah ini nih jenis role hero dota

ROLE 1 = CARRY

Role paling wajib dalam 1 tim. Kalo tidak ada Carry, bisa dipastikan tim itu bakal cukup menderita. Role Carry ini bisa dibilang sebagai jantung tim, dan kunci kemenangan saat war. Jadi apa Carry ini? Carry adalah hero yang baru menjadi kuat, dan berguna sekali apabila ia sudah memiliki item-itemnya. Carry "Jadi", adalah harapan sebuah tim untuk memenangkan battle.
Di awal-awal battle, memang cukup susah memainkan hero ini. Karena memang hero ini diciptakan dengan ketahanan LEMAH. Tapi kalo kamu berhasil melalui Early-Mid game, dan kamu jadi, battle akan terasa mudah seperti kamu membalikkan telapak tangan.
Tugas Carry? Simple. Early = Creeping, Mid game = Creeping, Late game = kill, dapetin streak godlike (itupun kalo jadi, kalo nggak ya tetep Creeping), Role ini cocok buat kalian yang pingin stat kill nya bagus, dan juga agan yang penyabar dan rajin.

Hero hero ini sebagian besar adalah hero Agility (Void, Weaver, Spectre, Luna, Shadow Fiend, Drow Ranger, Razor dll). Carry Favorit gwsi Bloodseeker,Anti Mage,Templar Assasin

ROLE 2 = SUPPORT

Role yang paling mulia dah, Pahlawan Tanpa tanda jasa di DotA . Diliat dari namanya saja sudah pasti. Hero dengan peran ini bertugas menyediakan bantuan dalam tim. Sebenarnya sih, aku lebih menghargai dan memuji support ketimbang role lainnya.

Sumpah, seorang support pro, hatinya mulia banget dah. Support pro GAK PERNAH MAU KILL. Ia selalu berusaha memberikan kill kepada sang Carry biar jadi. So,buat kalian yang haus dapetin kill mending jangan pilih role ini, Role ini dalam game biasanya bertugas "warding", supporting, beli courier, dan lain sebagainya. Role ini cocok buat agan yang ingin menang, dan careless dengan stat agan.

Role ini sebagian besar adalah hero Intelligent (Ogre Magi, Lich, Lion, Rubbick, Dazzle, Omniknight, dll.) Hero support favforit ane lich.


ROLE 3 = OFFLANER

Oke, singkat saja ya, offlaner artinya sepanjang game, bisa dibilang dia tidak berdiam di lane, dia biasanya jalan jalan di map, pasang-pasang ward, narik creep,jungling dll. Nah kalau OFFLANER di lane, biasanya dia bakalan solo alias sendirian di HARDLANE.

jujur aja, menurut ane semua hero (kecuali carry), mampu jadi offlaner, tergantung tim butuh atau tidak. Kalau di turney internasional, hero-hero offlaner biasanya Nyx (Nerubian Assasin), Visage, Venge, Beastmaster, dll.

ROLE 4 = GANKER

Role Ganker bisa dibilang juga Hunter sih, tau lah maksudnya. Hero ini suka memburu hero lain, untuk menghambat perkembangan level dan item. Yah tau lah siapa target dari sebagian besar ganker. CARRY MUSUH!!!!

Ganker biasanya dilengkapi skill membunuh yang ampuh banget. Ganker mulai "hunting" pada saat pertengahan game, saat level dan skill nya udah agak bagusan sdikit. Tapi gak sedikit juga Pro Ganker yang hunting terus dari awal.

Lucunya, semakin lama, role ini semakin lemah. Skill membunuhnya biasanya cuma sakit di pertengahan game, di akhir-akhir geli banget. Namun dengan kondisi seperti itu apakah ganker di akhir game tidak berguna? Tentu tidak, ia masih bisa menjadi alternatif Support untuk sang Carry tentunya. Role ini cocok untuk kalian yang pingin fastplay/menyelesaikan game secepat mungkin atau kehabisan biling LOL

Hero dengan Role Ini banyak banget di DotA. Contohnya, Bounty Hunter, Lina, Lion, Sven, Tide,dll.


ROLE 5 = INITIATOR

Ohoho, Initiator ini Rambo DotA lah . apa maksudnya??

Initiator bisa dibilang adalah pembuka war. Dalam war DotA, nggak bakal ada tim yang berani maju sampai Initiator maju duluan untuk membuka war untuk timnya. Ini juga role mulia juga bro,nggak ada nih hero, war kalian bakal suram .

Hero Initiator biasanya mempunyai skill dengan efek stun/disable area. Hero dengan role ini juga identik dengan Item BLINK DAGGER. Hero ini cocok buat anda yang pemberani pastinya, dan ingin menjadi Rambo di DotA.

Hero ini kebanyakan di Strength, contohnya Earthshaker,Sandking, Sven, dll.
kalau initiator favorit ane sih Sven


ROLE 6 = TANKER/DURABLE

Tanker..TANKer..berarti dia Tank nih di DotA? Kenapa?Apa dia ukurannya besar gitu? Keras kah? Apa dia tipe hero yang diem trus nembak-nembak gitu dari jauh?

Tanker adalah tipe hero yang di build untuk "mengeraskan" badan bisa
Maksudnya meningkatkan ketahanannya supaya ia tidak mudah mati. Role role seperti ini memang cukup dibuthkan dalam sebuah tim. Orang yang pegang role ini harus mau,rela,menerima SEMUA DAMAGE yang dilontarkan musuh ke dirinya sendiri atau lebih tepatnya sih pasukan berani mati lol. Tujuannya agar temen carry maupun support kita yang badannya tipis tipis,kurus kurus, tidak mendapat damage yang cukup besar dari musuh.

Orang yang memegang role ini diwajibkan berani, nggak takutan. Harus ada didepan memimpin timnya. Biasanya Tanker memiliki skill khusus yang emang membuatnya "keras". Contoh Dragon Knight dengan Dragon Blood yang menambah armor dan regen darahnya.

Hero ini banyak banget ada di Strength. Contohnya, Dragon Knight, Axe,Centaur Warruner, dll. Carry Tanker? ada kok, Ursa . Support Tanker? Ada juga, Ogre Magi.
Jadi, role apa yang cocok dengan kalian nih? Ingat, mengetahui potensi dan kemampuan diri itu penting untuk kesuksesan kalian nantinya!

Oke habis itu tadi gw sempet nyebutin soal atribut hero. Di dota ada 3 atribut utama yaitu Strength, Agility, dan Intelegence
Strength biasanya memiliki kelebihan di darah yang banyak dan kekuatan yang besar tapi kebanyakan hero ini serangannya jarak dekat atau melee. Hero ini biasanya tanker dan tidak jago namun tidak lemah di sepanjang game
Agility biasanya memiliki kelebihan di evasion, dexterity, critical namun memiliki kapasitas darah yang kecil. Hero ini biasanya carry dan kuat di akhir game
Intelegence biasanya support dan memiliki kapasitas mana yang besar dan darah yang biasa saja. Hero intel biasanya memiliki serangan jarak jauh atau range dan mendominasi di awal sampai pertengahan game. Beberapa hero juga memiliki serangan yang mengerikan dari skill nya

Kenali Item Hero Kalian


Ok setiap hero di dota biasanya akan disertai dengan 6 slot item. Nah item- item ini banyak banget gan.
Tenang, gak usah dihapalin semua item- item di dota 2, ketahui aja item item utama untuk hero kalian itu apa aja udah cukup kok, tapi klo kalian mau belajar lebih gak ada salahnya sih.
Oke, gw cuma mau ngejelasin info seputar item yang umum aja ya jadi kita gak pusing hehehe .

Item dibagi berdasarkan waktu game.
1. Early Item
Ini merupakan item yang diperlukan untuk hero kamu di awal game. Itemnya murah- murah dan bisa dibeli difontain. Early game biasanya kisaran 0>10 menit game

2. Mid Item
Ini merupakan item yang di perlukan hero kamu di pertengahan game. Harganya juga udah mulai mahal dan item ini biasanya memerlukan kombinasi item tertentu maksunya dari beberapa item item digabung jadi 1 item baru. Nah beberapa item ada yang hanya bisa didapat di secret shop. Mid game biasanya kisaran 10>16 menit game

3. Late ItemIni merupakan item yang diperlukan hero kalian di akhir akhir game. Nah biasanya harga item nya mahal mahal namun itu sebanding dengan efeknya yang mengerikan. Kisaran Late game itu > 16 menit game

4. Core ItemNah yang ini penting banget bro. core item merupakan item yang cocok dan wajib dipakai dengan hero kamu. Ingat ya guys, gak semua item di dota cocok dipakai untuk semua hero. Namun dota 2 udah nyediain list item core yang cocok untuk hero kamu di shop jadi kita lebih mudah untuk tahu item core hero kita, gak perlu cari cari di mbah google gan.

5. Situational ItemKalo yang ini adalah item yang merupakan item untuk hero kita dalam situasi tertentu, Item ini biasanya dibeli untuk situasi tertentu dan sudah tahu efek itemnya. Untuk kita para newbie gak perlu dibeli klo gak tau efeknya apaan, karena cuma buang buang duit nantinya. mending kita beli item core yang udah pasti cocok untuk hero kita

6. Luxury ItemAduh kalau yang ini gak penting penting banget klo gak tau cara makainya. dari namanya luxury berarti pelengkap atau hiasan. Item ini biasanya harganya mahal banget dan gak sepenuhnya juga berguna buat hero kita. Tapi klo kamu udah tau efeknya dan kelebihan duit boleh boleh aja beli gan
Oh iya item ini semua butuh duit. Nah duit itu bisa didapetin dari bunuh hero musuh, creeping atau pasukan kecil, ancients, monster legenda Roshan, dll. Ada pula monster yang ngejatuhin item klo dibunuh kayak Roshan yang ngejatuhin item Aegis of Immortal klo dibunuh.

Tahu Tentang Lane

Lane? Apalagi tuh ?
Nah Lane itu adalah tiga jalur utama yang menghubungkan Ancient tim Dire dan Ancient tim Radiant. Setiap tim ini kan memiliki misi untuk ngehancurin Ancient tim lawan, nah untuk melaksanakan misi itu ada tiga jalur yang disediakan di map.
Top itu bagian atas map
Bottom itu bagian bawah map 

1.Hard atau Offlane itu adalah jalur yang susah aksesnya / cukup lama buat mencapai ancient, biasanya hero- hero kayak hard carry jarang ada disini karena berbahaya buat gampang dibunuh selain itu akses ke secret shop juga susah dari sini karena harus nyebrang sungai dan masuk ke area musuh yang pastinya bahaya banget gan. Buat orang yang cukup jago biasanya ambil lane ini dan hero yang cocok disini adalah hero offlaner atau hero yang udah khusus dibuat ada di lane ini

2.Easy atau Safelane itu adalah jalur yang mudah diakses untuk sampai ke Ancient lawan, hero- hero carry suka ada di lane ini gan karena akses ke secret shop lebih mudah dan agak enak disini soalnya lane ini cukup aman untuk farming atau cari duit

Mungkin kita ngira ngak ada bedanya tapi klo kamu udah cobain dua lane ini pasti kerasa lah bedanya

3.Mid Lane adalah jalur utama yang menghubungkan dua Ancient dan biasanya di isi oleh 1 hero yang disebut Mid laner. Hero di mid biasanya memiliki serangan range bukan melee karena jadi susah dibunuh dan mudah leveling karena cuma sendiriian tapi ini relatif ya gan. Semua tergantung pada skill kita masing- masing
Umumnya, Mid Lane merupakan Lane yang paling sering digunakan untuk Solo Lane. Hal ini dikarenakan resiko di gank oleh musuh sangat kecil, sehingga membuat hero kita menjadi cukup aman untuk sendirian. Pada beberapa kasus, Offlane juga biasa digunakan untuk Solo Lane. Hal ini biasa kita lihat pada turnamen - turnamen besar.

4. Dual Lane adalah dimana satu Lane ditempati oleh 2 Hero. Biasanya 1 Hero bertugas untuk farming, dan hero yang lain sebagai support. Hero yang farming biasanya hero dengan tipe Carry, dimana hero ini membutuhkan banyak gold untuk membangun item yang dibutuhkan untuk membuat mereka menjadi sangat kuat. Sedangkan support memastikan bahwa Hero yang farming bisa mendapatkan gold dengan terus menekan musuh untuk mundur, juga mencegah musuh untuk mendapatkan gold dengan membunuh creep sendiri yang akan mati. Dual Lane biasa kita temui jika kita bermain di Public, dimana Top Lane dan Bottom Lane diisi oleh 2 hero.

5. Trilane adalah kondisi dimana satu Lane ditempati oleh 3 Hero. 2 Hero biasanya bertugas sebagai support untuk memastikan 1 Hero Carry mereka "Gemuk". Pada beberapa kasus, menempatkan 1 hero Jungle juga bisa disebut Trilane, dimana Hero yang ada di Jungle bisa sesekali membantu untuk melakukan gank pada Lane yang ada di dekatnya. Biasanya, Trilane digunakan oleh Radiant pada Bottom Lane, dan Top Lane oleh tim Dire. Akan tetapi, pada kondisi tertentu, Hal ini bisa berlaku sebaliknya, dimana Radiant menempatkan 3 Hero pada Top Lane dan Dire pada Bottom Lane. Ini biasa disebut Aggresive Trilane, dimana mereka berusaha menekan hero Carry musuh agar tidak mendapatkan banyak gold, dan berusaha menghancurkan tower secepatnya.

Tahu Tentang Rune
Nah rune adalah special booster yang dapat kita ambil di dua tempat di sungai ( Atas dan Bawah ). Selain bounty rune, rune lain mempunyai effect special dalam jangka waktu singkat. Runes spawn tiap menit genap ( 02.00, 04.00, 06.00 dst ). Pada menit 00.00 bertepatan pada respawn pertama kali creep akan terdapat Runes bounty Rune yang memberikan +100 EXP dan +100 gold.

Untuk jenis rune yaitu:
1. Haste (merah) :Mempercepat Movement Speed menjadi 522 selama 25 detik

2. Ilusion (kuning) :Memunculkan dua bayangan hero yang mengaktifkannya selama 75 detik dan mepunyai serangan sebesar 35% damage hero asli

3. Double Damage (biru):Meningkatkan serangan sebesar 100% (Base Damage + Damage yang di tambahankan dari Primary Attribute ) selama 45 detik

4. Invisible(ungu) :Memberikan status Invisibility setalah 2 detik fade time selama 45 detik

5. Regeneration(hijau):Memberikan effect Regenerasi sebanyak 100 HP regeneration dan 67 Mana regeneration selama 45 detik

6. Bounty(emas) :Memberikan 50 + ( 5 * menit ) Experience dan 50 + ( 2 * menit ) Unreliable gold "

7. Arcana: Memberikan 30% cooldown dan 40% gratis mana cost selama 50 detik

Nahh mungkin cukup segini postingan gw tentang Tips- Tips dan Panduan Bermain DotA 2 Untuk Pemula.


SUMBER DISINI (KASKUS)

Posting Komentar untuk "Panduan Bermain Dota 2"