Kebiasaan-Kebiasaan Yang Harus Kita Hindari Dalam Dota 2

Kebiasaan-Kebiasaan Yang Harus Kita Hindari Dalam DotA 2





Postingan ini gw buat berdasarkan pengalaman "menimba ilmu" di kerak nerakanya SEA Server aka bracket 2k. Sebenarnya kejadian-kejadian ini tidak hanya ada di range 2k, tetapi juga ada di range 1k dan 3k. Jadi, ayo kita bahas.

1. Tidak membeli sentry dari awal game.
Terlepas dari ada/tidak adanya invisible hero di match tersebut, sentry harus dibeli untuk deward. Jika berhasil deward observer, maka kamu akan dapat 100 gold (balik modal), mengurangi vision musuh, dan juga menghabiskan jatah observer musuh.

2. Melee safelane carry hanya beli satu item penyembuh sebagai starting item.
Melee carry lebih rentan harass daripada ranged, jadi harus punya 2 item penyembuh. Bisa 1 set tango + 1 healing salve atau 2 set tango atau alternatif lain 1 set tango + 2 branch (Ingat: Jika kamu menggunakan tango ke pohon yang berasal dari iron branch, kamu mendapatkan bonus heal 2 kali lipat. Jadi seolah-olah seperti kamu punya 6 buah tango.).

3. Melee core tidak membeli stout shield/poorman shield.

Kamu butuh item ini untuk menghindari harass karena kamu melee. Setahuku, satu-satunya hero core melee yang tidak wajib stout shield hanya tidehunter karena kraken shellnya merupakan damage block (Ingat: Dua buah instance damage block tidak stack.). Kalau ada yang bisa memberitahu hero melee core lain yang tidak wajib stout shield, silakan berkomentar.

4. Starting item support membeli null talisman.
Pernah lihat WD atau skywrath yang starting itemnya null talisman? Ayolah, null talisman + tango harganya 475+125 = 600. Uang awal kamu hanya 625. Artinya sisa uangmu hanya 25 gold kalau starting itemmu seperti itu. Dengan 25 gold, siapa yang membeli kurir, obs dan sentry?

5. Support tidak mengambil last hit, tapi malah meng-auto attack creep.

"Hei, kenapa kamu meng-auto attack creep?" "Supaya lane-nya maju lah. Kan dota harus secepat mungkin push lane agar ancient musuh hancur." "ASTAGAAAAA!!!!!."

Kenyataannya saat kamu bermain support, kamu harus bisa menjaga creep equilibrium (keseimbangan creep). Titik pertemuan creep jangan terlalu maju agar offlaner musuh tidak dapat farm exp dan gold, tetapi jangan di area tower kita karena akan membuat carry kita sulit untuk last hit. Jadi, jangan auto attack creep lagi ya teman-teman!

6. Tidak membeli magic wand/magic stick ketika bertemu PA atau Bristleback.

"Aduh, aku tak dapat berbuat apa-apa, spam dagger-nya PA sakit sekali.", keluh Alessandro Udin (nama samaran). Alessandro pasti lupa membeli magic stick atau magic wand. Apakah dengan membeli item tersebut Alessandro dapat menghindari harass PA? Tentu tidak, sulit untuk menghindari harass 100% kecuali skill musuhmu jauh di bawahmu. Namun dengan adanya magic stick atau magic wand, kamu dapat meminimalisir dampak dari harass. Jadi, jangan tiru Alessandro yang pelupa ya, teman-teman!

7. Musuh memiliki skill area, tetapi malah berdekat-dekatan.

Sering kali saat sedang war, kita berdekat-dekatan dengan rekan setim. Akibatnya ketika Sven melakukan inisiasi blink+stun+God's Strength, tim kita langsung rata dengan tanah. Selalu identifikasi musuh yang memiliki skill area dan waspada. Sesungguhnya Blackhole Enigma, Chronosphere Faceless Void, Storm Hammer Sven, Slithereen Crush Slardar, dan skill-skill area milik hero lainnya menyukai kamu-kamu yang berdempetan.

8. Berpencar kocar-kacir ketika Spectre musuh melakukan ulti.

Desolate (Skill 2 Spectre) aktif saat ada musuh yang sendirian. Jadi, saat kamu menghadapi Spectre dan ia melakukan ulti, usahakan untuk berdekatan dengan teman atau creep di pihak kamu agar desolatenya tidak aktif.

9. Tidak mengikuti build baru dan masih menggunakan build lama.

Dota berkembang karena setiap patchnya ada perubahan sehingga muncul perubahan meta. Ahh rasanya ingin kujewer orang yang masih bermain Juggernaut Vladimir Desolator dan Faceless Void Mask of Madness.

Supaya build kamu tidak ketinggalan zaman, buka shop/tekan F4 > klik Browse Guides > Cari guide yang authornya Torte de Lini > Klik select.

Torte de Lini ada seorang pembuat guide hero dota yang selalu diupdate seiring perubahan patch dan meta.

10. Bounty Hunter Carry

Bounty hunter adalah hero AGI dan memiliki skillset hitter, tapi apakah dia carry? Coba bayangkan BH adu gebuk dengan Troll, Morphling, Ursa, dan Juggernaut atau bayangkan apa yang dapat BH perbuat di late game! Setelah Anda membayangkannya, apakah ia masih pantas jadi carry? "Eh, Miracle pernah main Bounty Hunter Carry lho di pub game." "Iya, Miracle kan highest mmr di tim tersebut, artinya tingkat skillnya di atas musuhnya, jadi tidak masalah dia pick hero apa, karena skillnya di atas pemain lainnya. Ibarat ekstremnya, Real Madrid kalau lawan Hull City cukup pakai tim cadangan. Kemampuan BH akan sangat teroptimalisasi jika ia bertugas sebagai support, apalagi ultinya memberikan bonus gold untuk tim kamu. Memiliki BH di tim membuatmu seperti memelihara tuyul pesugihan karena ia kecil, bisa menghilang, dan bisa memberikan uang.

11. Jungle Core

Sebenarnya tidak ada format baku dalam dota. Pick 5 man carry boleh saja asal siap kalah. Kalau mau menang, idealnya komposisi tim terdiri dari 3 core (karena lane hanya ada 3) dan 2 support. Saat kalian sudah memiliki 3 core dan ada hero keempat yang masuk jungle, berarti kalian bermain dengan 3 core + 1 jungler + 1 support. Kalau di tim pro, jungler ini hero-hero support semacam chen, enchantress, enigma, CM yang tidak terlalu farm independent sehingga bisa membackup hero kawan yang terkena gank.

Di 2k, yang masuk jungle adalah hero-hero yang notabene core farm dependent semacam LC, Axe, dan BS. Jadi ketika hero kawan ada yang terkena gank, jungler cenderung tidak membantu karena lebih sibuk farmming menyelesaikan itemnya/mendapatkan ultinya ketimbang menyelamatkan teman. Sering kan dengar dialog: "Woy, bantu dong! Gua kena gank nih. Lu sibuk farm mulu." "Sabar coy, gua belum selesaiin blink dagger".

Itu lah mengapa di pro scene, LC dan axe tidak jungling karena kalau terlalu banyak hero yang farm dependent, tidak ada yang membackup ketika musuh melancarkan serangan. Sebenarnya pernah ada BS jungling (yang digunakan Jerax) dan Axe jungling (yang digunakan Puppey), tapi itu kasus khusus karena situasi, kondisi, dan draftnya mendukung.

12. Triggered counterpick Venom ketika ada TA.


Hero damage over time tidak hanya venom, ada Doom, Warlock, Disruptor, Spectre, Naga, Alche, dll. Jangan memaksakan diri pick venom kalau kamu tidak bisa menggunakannya.

13. Triggered counterpick BH/Slardar ketika ada Riki.


Hero invis bisa dicounter dengan dust dan sentry. Jangan memaksakan diri pick BH atau Slardar. Lihat komposisi hero yang dibutuhkan timmu. Sering lihat orang yang memaksakan counter pick, ujung-ujungnya kalah karena tidak bisa menggunakan heronya atau komposisi timnya tidak sesuai.

14. Triggered counterpick LC/BS ketika ada AM.


Jangan memaksakan diri pick LC/BS. Ada cara lain menghadapi AM. Beli abyssal, prediksi blink berdasarkan cooldown, paksakan teamfight (sebab AM cenderung lemah teamfight sebelum 40 menit), push lebih cepat dari AM, atau push bersama teman-temanmu ketika AM melakukan push sendirian (Logikanya, kalau kamu push berbarengan dan AM milik musuh push sendirian, mana yang lebih cepat menghancurkan tower dan barak? Tentu saja kamu yang push berbarengan. Makanya, terkadang mengabaikan AM yang push sendirian adalah pilihan yang tepat, tetapi kamu harus melakukan push juga). Sering lihat orang yang memaksakan counter pick, ujung-ujungnya kalah karena tidak bisa menggunakan heronya atau komposisi timnya tidak sesuai.

15. Triggered counterpick ES ketika ada PL/Meepo.


ES ini hero support yang cukup beban, karena item corenya mahal (blink dagger 2250 gold + arcane boot 1350 gold)sehingga kurang cocok di posisi 5. Kalau tim kamu butuh posisi 5 yang bisa melawan meepo, ada alternatif lain yaitu Warlock,Lich, Witch Doctor, dan Winter Wyvern. Sering lihat orang yang memaksakan counter pick, ujung-ujungnya kalah karena tidak bisa menggunakan heronya atau komposisi timnya tidak sesuai.


16. Midlaner wajib melakukan gank ketika level 6. (Kalau tidak gank, berarti noob mid.)

Gank tidak wajib. Kalau hero-hero mid semacam Alchemist, Medusa, Naga, malah lebih baik stay di lane atau farm ke hutan saja. Justru sebaiknya support yang melakukan rotasi gank ke mid (biasanya support rotasi gank mid menit ke empat karena malam hari, sehingga vision musuh berkurang).

17. Melakukan disable ke slark tanpa menunggu dark pact-nya muncul.

Dark Pact (Skill 1 Slark) dapat mendispel debuff termasuk stun (bahkan bisa dispel ultinya batrider dan beastmaster). Oleh karena itu, kita harus menunggu ia melepaskan dark pact sebelum melakukan stun atau bisa juga melakukan inisiasi dari tempat yang tidak terlihat untuk melakukan stun atau disable lain sehingga Slark tidak sempat menggunakan Dark Pact.

18. Pasang ward di tempat yang mainstream dan monoton.


Biasanya penyakit 2k pasang ward di tempat-tempat mainstream. Akibatnya mudah dideward.

19. Terang-terangan pasang ward.

Sebelum terompet tanda mulai ditiup, biasanya ada yang suka terang-terangan jalan lurus ke midlane musuh, lalu diam sejenak, lalu balik lagi, dan terlihat di inventorynya wardnya berkurang satu. JELAS SEKALI DIA BARU PASANG WARD. Kalau sudah begitu, jangan diam saja, langsung deward. EZ FREE 100 GOLD!!

20. Tidak memaklumi miskomunikasi skill.


"Noob Dazzle, late shallow grave!!" "Why you use Tornado, Invoker? I was hitting the enemy." "Why use 2nd skill on me, Pugna?"

Percakapan di atas biasa terjadi karena miskomunikasi. Tidak perlu menyalahkan temanmu, pro player yang MMR tinggi sudah saling kenal dan rutin latihan bersama saja masih bisa miskomunikasi, apalagi kita yang MMR rendah dan bertemu orang asing di pub match berharap timing skillnya pas.

21. Menyalahkan teman yang feeding.


Kita sering menyalahkan mid atau carry yang feeder. Padahal belum tentu itu salah dia. Bisa jadi dia tidak dapat vision ward dari supportnya, bisa jadi dia digank tiga orang, bisa jadi dia lag. Kalian suka bilang kalau carry dan midlaner di 2k itu busuk, kenyatannya carry busuk karena supportnya juga busuk. Kalau kalian main support, pastikan carry bisa safe farm. Kalau carry digank, sedia tp untuk backup. Jangan hanya menyalahkan. Miracle juga kalau digank beramai-ramai tewas, apalagi kita-kita ini yang MMR rakyat jelata.

22. Beranggapan bahwa banyak kill adalah tolak ukur kesuksesan carry yang paling utama.

Pernah bertemu Bloodseeker, Ursa, atau Huskar yang di awal killnya banyak, tetapi di akhir melempem? Pernah bertemu Drow Ranger atau AM yang mainnya busuk dan feeder tapi itemnya jadi dan menang? Kill bukan patokan kesuksesan carry yang paling utama. Lebih penting untuk menjaga networth setinggi mungkin agar bisa scaling/snowballing dan memberikan impact ke team dalam bentuk apapun (tidak hanya kill).


23. Korban youtube.

"Wah ayo coba combo itu yuk yang di youtube". Setelah mencoba combo itu, mereka kalah awoakowkoa

24. Huskar adalah hero yang mudah dipakai.


Coba buka dotabuff.com dan cek profil kalian. Cari win rate dan K/D/A rating kalian ketika menggunakan huskar. Ih aneh ya? Padahal Huskar hero yang mudah. Ini pasti konspirasi, akun dotabuffku sudah dihack!!

25. Saat kondisi tertekan oleh musuh, langsung triggered membeli blade mail.


Ketika musuh owning, jangan langsung putus asa beli blade mail dan berharap musuh mati karena memukulmu yang dalam kondisi blade mail. Itu adalah hal yang MUSTAHIL dan DELUSIONAL!!!

26. Item favoritku adalah shadow blade, blade mail, dagon, dan desolator.


Item di dota ada banyak, kenapa itemnya itu-itu melulu?

27. Item build shadow fiend (kadang juga berlaku untuk carry-carry lain) yang dipaksakan.


Pernah lihat shadow blade urutan itemnya sepatu cokelat > wraith band > shadow blade > boots of travel yang di awal killnya banyak, tapi di akhir jadi samsak? Itu contoh orang-orang takabur menggunakan build yang terlalu dipaksakan.

28. Menggunakan hero-hero mid space creator (QoP, Puck, Zeus, Magnus, dll), tapi melupakan farm.


Seorang midlaner wajib tidak boleh melupakan farm meskipun menggunakan hero-hero roam/ganker/space creator. Sebab, networth kalian yang akan menentukan kuat/tidaknya kalian dalam menandingi musuh seiring berjalan ke late game.

29. Tidak mengecek inventory musuh.

Gank > Hit musuh > Musuh menggunakan shadow blade > *bengong*. Makanya, cek inventory musuh supaya bisa mempersiapkan dust.

30. Langsung melakukan gank ke hero musuh yang sendirian tanpa memerhatikan hero musuh yang lain miss.


"Wah ada Crystal Maiden sendirian, akan ku solo kill dia.", kata Huskar. Lalu Huskar tersebut menghajar CM sehingga CM kabur. Belum sempat membunuh CM, bekingannya datang dan akhirnya malah Huskar yang mati. "Tangina noob team, why no follow me kill CM?? GG support no ward.", kata Huskar. "Elu yang bebal, dah tau musuh missing 4 hero, CM-nya masih disikat juga -_-."

31. Beli Echo Sabre di semua Melee Carry.

Sejauh ini melee carry yang cocok echo sabre adalah Slark, Sven, Tiny, dan Lifestealer. Kadang ada saja retard yang suka PA, Jugger, dan Void menggunakan echo sabre. Percayalah, tidak semua hero melee carry cocok dengan echo sabre.

32. Pick hero karena punya item kosmetiknya.

Pick PA melulu karena punya arcananya. Ujung-ujungnya kalah. Mau main dota atau mau fashion show arcana?

33. Menyepelekan item-item kecil semacam Ring of Aquilla, Infused Raindrop, dan Magic Stick.

Ring of aquilla memberikan mana dan armor aura, raindrop memberikan perlindungan terhadap magical damage dan ada mana regennya, magic stick merupakan item kecil yang bagus untuk survive.

34. Setiap hitter adalah carry.

Night Stalker, Riki, Monkey King, Spirit Breaker, Kunkka memiliki right click yang kuat, tapi role mereka adalah support. (NS dan SB bisa offlane juga).

35. Tidak tahu cara menggunakan Armlet of Mordiggan.


"Armlet adalah item tak berguna!! Hanya membuat health-ku berkurang saja.". Ia pasti tidak melihat bagaimana Arteezy selamat dari kepungan menggunakan Armlet ketika EG menghadapi Faceless di DAC. Di 2k sering Wraith King skip armlet tapi beli echo sabre.

36. Ragu menggunakan Blink Dagger, sehingga menggantinya dengan Shadow Blade.


Sudah sering kan melihat hero yang core itemnya Blink Dagger, tapi diganti Shadow Blade.

37. Menyukai Phantom Assassin, Sniper, dan Legion Commander.


Padahal tiga hero ini win rate-nya tidak setinggi Spectre, Omniknight, Zeus, Abaddon, dan Wraith King (sumber: https://www.dotabuff.com/heroes/winning) tapi kenapa banyak yang suka pick ya? Kalau dibilang mudah dimainkan, Abaddon, Wraith King, dan Spectre sepertinya lebih mudah dimainkan.

38. Tidak menghancurkan Healing Ward ketika melawan Juggernaut.


Coba kamu bandingkan heal yang diberikan Healing Ward dengan heal yang diberikan Heart of Tarasque! Sudah? Sekarang kamu tahu kan kenapa harus menghancurkan Healing Ward-nya?

39. Spam ping.


Percayalah, ketika kamu spam ping untuk menunjukkan ada hero musuh yang akan melakukan gank, tidak ada yang memperhatikan kamu. Karena berisik, mengganggu, dan membuat temanmu menjadi panik. Gunakan fitur ping untuk menunjuk target musuh yang akan digank, jangan gunakan fitur ping untuk memberitahu temanmu yang akan digank. Lalu bagaimana jika ada teman yang akan digank? Ketik chat atau gunakan fitur menggambar garis (Ctrl+drag klik kiri di mini map). Kurang-kurangi menggunakan fitur ping dan beralih ke fitur menggambar garis!

40. Tidak memerhatikan missing report.

Di 2k, banyak yang suka menyalahkan teman karena tidak melakukan missing report. Padahal setelah dicek, di chat historynya sudah ada missing report.

41. Terlalu bergantung kepada missing report.


Jangan terlalu tergantung pada missing report. Teman-temanmu tidak hanya mengurusi dirimu seorang. Siapa tahu ketika musuh missing, dia sedang sibuk melakukan gank, warding, stacking, counter-gank ke lane lain, dll. Temanmu bukan robot yang bisa konsisten multitasking, kalau dia melakukan missing report ya Alhamdulillah, kalau tidak ya maklumi saja. Solusinya, sering-sering lihat mini map dan tingkatkan kepekaanmu.

Yupps, mungkin segitu yg bisa gw sharing atau bagi kalian yg pengin nambah tipsnya atau ingin berkomentar, mengkritik, atau memberi saran? Jangan sungkan untuk melakukannya!

SUMBER DISINI (KASKUS)


0 Response to "Kebiasaan-Kebiasaan Yang Harus Kita Hindari Dalam Dota 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel