Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengirim File Besar lewat Whatsapp (Aplikasi,Game,Musik,Video)


Pada postingan kali ini Dansverine.com akan mengulas tutorial Cara Mengirim File Besar lewat Whatsapp seperti Aplikasi,Game,Musik,Video. Selain aplikasi chatting, whatsapp juga menyediakan pengiriman file seperti Dokumen, Foto, Video dan bentuk file lainnya. Namun fitur tersebut masih dibatasi oleh Besar File, misalnya kita ingin mengirim video yang berukuran 900 MB, itu tidak akan bisa karena batas file untuk mengirim file itu 100 MB. Nah maka dari itu, Dansverine ingin membagikan beberapa tips untuk mengirim aplikasi dan file-file besar lewat whatsapp.

Cara Mengirim File Besar lewat Whatsapp


Sebagai aplikasi chatting terbaik saat ini, whatsapp memberikan beragam fitur untuk mempermudah penggunanya salah satu fitur whatsapp yang paling banyak disukai orang yaitu berbagi file ke sesama pengguna whatsaap. Sayangnya, Whatsapp hanya memberikan batasan jenis file yang bisa dibagikan seperti Foto, Dokumen, Video. File seperti APK yang berukuran besar sebenarnya tidak bisa dibagikan lewat whatsapp namun tenang saja, Dansverine punya solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut cara kirim aplikasi android via whatsaap, sangat mudah:

1. Mengganti Format/Jenis File


Cara pertama ini perlu kalian coba dulu sebelum menggunakan cara yang lain karena cara ini paling mudah dan tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga (Untuk HP yang Support). Intinya kalian diharuskan mengganti format file APK menjadi TXT misalnya. Namun sebelum mengaanti format file kita wajib punya file backup APK tersebut, kalian bisa backup menggunakan aplikasi APP Manager yang bisa kalian Download di Play Store. Setelah semua sudah siap ikuti langkah selanjutnya dibawah.

  1. Seperti yang sudah saya bilang tadi, kalian harus memiliki file mentah (Backup). Jika sudah punya  masuk ke File Manager lalu cari file besar yang tadi mau dikirim. Selanjutnya ganti nama belakang aplikasi tadi dari .apk menjadi .txt. Jika tidak bisa merubah format file kalian harus menginstall aplikasi bernama AndroZip untuk mengubah Format/Jenis file tadi.
  2. Nah setelah merubah Format File, silahkan masuk ke Whatsapp kemudian kirim file dokumen seperti biasa. Dengan cara memilih simbol peniti/lampiran kemudian cari aplikasi yang sudah kalian ganti jenis filenya tadi.
  3. Untuk cara menginstallnya, Silahkan iktui langkah Nomor 1. Yaitu dengan merubah format file seperti semula dari .txt ke .apk.

2. ShareCloud (Share Apps) -RECOMMENDED-



ShareCloud sama seperti aplikasi pengirim file seperti ShareIt bedanya ShareCloud bisa mengirim File dengan Penerima jarak jauh. Dan menurut saya ShareCloud lebih lengkap daripada ShareIt. Karena ShareCloude selain bisa menstranfer file apk, aplikasi ini juga bisa juga mengirim file ke pc/komputer melalui wifi.
Kelebihan ShareCloud lainnya yaitu bisa mengirim file apk ke penerima yang tidak menginstall ShareCloud, tidak seperti ShareIt yang diharuskan peengirim dan pengguna membuka aplikasi shareit untuk proses pengiriman file. Satu lagi, File besar yang ingin dibagikan tidak perlu kalian backup terlebih dahulu jadi ini sangat membantu dan sangat mudah sekali. Baca juga: Cara Mendownload Aplikasi/Game Play Store lewat PC/Komputer

  1. Pertama Download dan Install aplikasi pengirim file bernama ShareCloud melalui link berikut DOWNLOAD 1 || DOWNLOAD 2
  2. Lalu setelah proses instalan selesai, masuk kemudian pilih Katergori Aplikasi pada Menu Utama.
  3. Lalu pilih aplikasi yang ingin kalian bagikan ke teman kemudian pilih Titik 3 yang ada dibagian pojok kanan atas, lalu pilih Bagikan
  4. Selanjutnya pilih via WhatsApp. Kalian juga bisa mengirim aplikasi ini melalui Gmail,Yahoo, dan juga bisa untuk menyimpan di Dropbox.
  5. Kemudian pilih Kontak atau Grup whatsapp yang ingin kalian kirim kemudian tunggu proses upload selesai.

3. SendAnyFile


Setelah ShareCloud, kini ada SendAnyFile untuk mengirim file besar lewat whatsapp. Namun saya masih merekomendasikan untuk menggunakan ShareCloude karena SendAnyFile mengharuskan Pengirim dan Penerima harus sama-sama menginstall aplikasi SendAnyFile.
  1. Silahkan Unduh dan Install aplikasi SendAnyFile, begitu juga teman kalian yang akan menerima game/aplikasi tersebut. DOWNLOAD 1 || DOWNLOAD 2
  2. Setelah proses install selesai masuk ke File Manager lalu cari aplikasi yang ingin kalian bagikan
  3. Lalu pilih opsi Kirim/Bagikan/Share lalu pilih SendAnyFile.
  4. Kemudian pilih Share Via Whatsapp, lalu tunggu beberapa menit hingga proses upload selesai
  5. Kalian juga bisa memilih aplikasi chatting lainnya seperti facebook,bbm,gmail untuk mengirim aplikasi atau game besar.

Penutup


Nah itulah beberapa Cara Mengirim File Besar lewat Whatsapp (Aplikasi,Game,Musik,Video). Kesimpulannya, kita bisa mengirim aplikasi via whatsapp dengan cara merubah format atau jenis file dan juga bisa dengan menggunakan aplikasi khusus untuk mengirim file besar lewat whatsapp.

Jika kalian merasa tutorial membantu, dukung kami untuk terus membagikan tuturoial-tutorial menarik lainnya dengan cara membagikan ke teman-teman untuk membantu orang lebih memahami tentang cara mengirim file besar via whatsapp.

3 komentar untuk "Cara Mengirim File Besar lewat Whatsapp (Aplikasi,Game,Musik,Video)"

  1. Oh, jadi gambar ngga pecah atau blur hasilnya dikirim via whatsapp perlu diubah dulu format/jenis filenya.
    Pantas selama ini tiap kali nyoba berkirim gambar, kejernihan gambarnya ngga maksimal.

    Terimakasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhh pake cari itu juga bisa gan

      Hapus
    2. punya sharecloud tapi belum pernah tak pake. ternyata ini manfaatnya toh. enak juga ya

      Hapus